Wednesday 20 December 2017

Mengenal Benua Kanguru

Benua Kanguru merupakan sebutan bagi benua Australia. Selain benua kanguru, Australia juga disebut benua negara karena di Benua Australia hanya ada satu negara. Australia merupakan tetangga bagi Negara Indonesia. Benua Australia merupakan benua tempat asal binatang kanguru sehingga di sebut benua kanguru. 
Sumber gambar : Atlas


Berbicara tentang kanguru merupakan binatang yang berjalan dengan meloncat-loncat dan memiliki kantong di badannya tepatnya perutnya. Guna kantung tersebut adalah untuk membawa anaknya dengan cara si anak masuk kedalam perutnya. Kanguru merupakan binatang khas Australia. Benua Australia tidak hanya ada kanguru juga memiliki binatang khas lainnya contohnya koala. Binatang pemalu ini juga tinggal di Australia dan termasuk binatang asli Australia.


Benua Australia atau benua kanguru merupakan benua yang memiliki penduduk asal dari suku Aborigin. Mayoritas penduduk asli Australia sekarang ini merupakan bangsa pendatang yang sudah turun temurun yaitu berasal dari Eropa sehingga kita melihat Australia maka kesan yang pertama adalah penduduknya berkulit putih. Benua Australia merupakan benua yang jarang penduduknya. Suku Aborogin di Australia berjumlah sedikit dibanding bangsa kulit putih dari Eropa. Australia ditemukan oleh bangsa Eropa sejak tahun 1606 namun mulai dihuni oleh bangsa Eropa khususnya Inggris sebagai negara yang menjajah Australia sejak tahun 1788 dimana Australia digunakan sebagai tempat pembuangan narapidana yang mana berasal dari Inggris. Sekitar abad 19 baru Migrasi orang Inggris ke Australia karena ditemukan tambang emas di Australia. 


Australia merupakan bangsa yang masuk persemakmuran Inggris. Australia kepala negaranya adalah Ratu Inggris yang diwakilkan oleh seorang Gubernur yang bertempat di Australia. Sedang kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri. Hubungan Australia dan Inggris selalu terjalin harmonis karena sebagian besar penduduk Australia berasal dari Inggris ditambah Australia merupakan negara persemakmuran Inggris. Benua Australia juga seperti benua Asia yaitu komplit karena memiliki gurun dan juga dataran rendah ditambah juga pegunungan. Gurun yang ada di Australia diantaranya Gurun Victoria, Gurun Gibson, dan Gurun Shimpson. Sedang peguunung di Australia ada Pegunungan Hamersley dan Pegunungan Musgrave.  Di Australia juga ada danau diantaranya Danau Eyre. Di Australia juga mengalir sungai yaitu Sungai Darling dan Sungai Muray. Puncak tertinggi di Australia yaitu Gunung Kosciusko. Australia memiliki gugusan karang terpanjang di dunia yaitu The Great Barrier Reef. Mengenai Wisata Australia memiliki Gedung Opera di Sydney.  

Mengenali wilayah, Australia memiliki pembagian wilayah dimana Australia merupakan negara yang berbentuk serikat jadi ada negara-negara bagian seperti Amerika Serikat. Negara Bagian Australia diantaranya Australia Barat, Australia Utara, Australia Selatan, Queensland, Teritorial Ibukota, New South Wales, dan Tasmania. Australia besarnya sekitar 7.686.850 km2. Australia sebuah negara yang memiliki senjata tradisional yaitu bomerang.

Baca Juga : Pesona Benua Afrika

No comments:

Post a Comment