Friday 1 December 2017

Keunikan Planet Mars

Berbicara planet, ditata surya kita tinggal 8 planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Beberapa tahun yang lalu Pluto dianggap planet namun pada tanggal 25 Agustus 2006 melalui sidang umum Himpunan Astronomi Iternasional ke-26 di Praha Republik Ceko menerangkan Pluto di keluarkan dari nama planet dan disebut benda langit atau planet kecil. Adapun cara menghafal planet biar mudah yaitu "Membawa Vas Bunga Melati Yang Sudah Usang Nanti" awal kata menunjukan awalan planet. Pusat tata surya kita adalah Matahari. Berbeda dengan planet yang tidak bersinar, Matahari mampu mengeluarkan sinar atau cahaya sendiri sehingga disebut bintang. Pembahasan kali ini hanya difokuskan akan planet Mars.

Sumber gambar: kompasqqsite55.files.wordpress.com/2016/10/fb779-mars.jpg?w=640&h=630

Planet Mars atau disebut planet merah merupakan planet urutan keempat yang dihitung dari paling dekat dengan matahari. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan sendiri begitu juga dengan planet mars atau planet merah. Keunikan pertama yaitu planet mars tersusun dari pasir dan batuan yang berwarna merah sehingga jika dilihat planet ini berwarna merah. Planet Mars termasuk planet dalam selain itu planet Mars mirip dengan bumi. Antara Planet Mars dan Yupiter terdapat asteroid yang jumlahnya banyak dan ukurannya kecil-kecil.

Jarak Mars dengan Matahari sekitar 288 juta kilometer dari Matahari. Adapun diameter planet Mars yaitu 6.790 km. Planet Mars membutuhkan waktu 678 hari untuk sekali revolusi yaitu mengelilingi matahari. Sedang waktu rotasi yaitu 24,6 hari. Rotasi yaitu planet mengelilingi porosnya. Ternyata selain planet merah, Mars juga memiliki nama lain yaitu Marikh dan Anggar.

Suhu planet Mars antara -133 derajat celcius samapai 27 derajat celcius sedang suhu rata-rata pertahun  -23  derajat celcius sehingga lebih dingin dari Bumi. Planet Mars memiliki banyak kawah yang diameter kawahnya sampai 200 km luar biasa. 

Berbicara satelit, Planet Mars juga memiliki satelit alami yang jumlahnya dua yaitu bernama Phobos dan Deimos. Atmosfir Mars sangatlah tipis. Di Mars kandungan karbondioksidanya lebih besar dibanding di Bumi. Planet Mars beberapa tahun yang lalu diisukan adanya kehidupan  dan juga ditemukan air. Berbicara kehidupan, Planet Mars banyak mengandung gas karbondioksida yang sangat tinggi dan atmosfir yang tipis sehingga sulit untuk ditemukannya kehidupan atau dijadikan tempat tinggal manusia dikemudian hari. Ada beberapa bagian dari Planet Mars yang berupa gunung es yang terbentuk dari udara yang dingin dibagian tertentu. Wilayah planet ini sangat gersang yaitu hampir semua bagian berupa pasir dan batuan. 

Di Planet Mars juga banyak terdapat gunung api. Gunung api terbesar di Mars bernama Gunung Olympus yang tingginya 3 kali lipat tinggi Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di Bumi. 

Pada tahun 1971, Amerika Serikat mengirimkan pesawat penjelajah Mariner 9. Dari hasil pengiriman satelit tersebut banyak foto yang menggambarkan keadaan Planet Mars yaitu adanya lembah berbelok-belok yang diduga dulunya merupakan sungai dan adanya gunung api di Mars. Rasa penasaran para peneliti Amerika Serikat membuat Amerika Serikat mengirim pesawat angkasa kembali yaitu Viking I dan II untuk menyelidiki planet merah tersebut dan ditemukan beberapa foto yang menunjukan planet ini gersang dan berbatu. Berkaitan satelit Mars yang disebutkan diatas yaitu Phobos dan Deimos ditemukan oleh orang Amerika Serikat yaitu Asaphl Hall pada tahun 1877.

Daftar Pustaka
Wahyudin, Hotimah dan Suwarno. 2010. Materi Lengkap IPA SD. Jakarta Selatan: Oryza.
Ibayati, Yayat, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arifin, Mulyati,dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku Kelas VI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Leyn, Pama dan Surono. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 6. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Ikranegara, Yudistira. Pintar IPA Sains. Linggar Media
Teguh,S. Sains Global ( Ringkasan IPA Kelas 3,4,5,6). Integral Media

2 comments: