Friday 23 March 2018

Manfaat Zat Makanan bagi Tubuh Manusia

Tubuh kita memperlukan beberapa zat makanan agar tubuh kita tetap kuat dan terhindar dari penyakit. Kadar keperluan zat makanan bagi tubuh berbeda-beda. Adanya zat makanan membantu manusia tumbuh dengan baik, sehat, dan juga tidak kekurangan gizi.


Dalam artikel kali ini akan membahas beberapa zat makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

1. Karbohidrat,
Zat makanan ini sangat bermanfaat sekali bagi tubuh manusia sebagai sumber tenaga. Karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, singkong, sagu, roti, dan sereal. Adapun jika kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan penyakit busung lapar. Busung lapar merupakan keadaan dimana tubuh kurus namun perut besar.

2. Protein
Protein dibedakan menjadi dua yaitu nabati dan hewani. Protein nabati berasal dari tumbuhan sedang hewani berasal dari hewan. Protein nabati dapat diperoleh dari tempe, tahu, dan kacang-kacangan. Sedangkan protein hewani dapat diperoleh dari telur, daging, udang, dan hewan kerang. Adapun fungsi dari protein dalam tubuh manusia yaitu mengganti sel yang rusak dalam tubuh, sebagai zat pembangun, dan juga membentuk antibiotik. Selanjutnya jika kekuarangan zat ini akan menyebabkan penyakit yaitu penyakit Kwasiorkor.

3. Lemak
Seperti halnya protein, lemak juga dibedakan menjadi dua yaitu lemak nabati dan hewani. Lemak nabati didapatkan dari tumbuhan misalnya alpukat, kacang tanah, minyak kelapa sawit, kacang merah dan juga kacang hijau. Lemak hewani diperoleh dari hewan yaitu dari  gajih dan kuning telurLemak dalam tubuh bermanfaat sebagai cadangan tenaga, melarutkan beberapa vitamin seperti vitamin A,D,E,K, dan juga melindungi organ dalam tubuh. Kekurangan lemak dalam tubuh menyebabkan sulit menyerap vitamin, lemas, dan kurus.

4. Mineral
Mineral ada beberapa jenis diantaranya kalsium, yodium, dan zat besi. Mari kita bahas satu-satu dari jenis mineral ini.


  • Kalsium
Kalsum berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki tulang atau gigi yang rusak. Kalsium dapat diperoleh dari susu, keju, dan yoghurt. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penyakit tulang seperti osteoporosis dan beberapa jenis penyakit tulang lainnya.

  • Yodium
Yodium dapat diperoleh dari garam dan ikan laut. Fungsi dari yodium sendiri yaitu membentuk hormon tiroksin. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan gondok.

  • Zat Besi
Zat besi sangat bermanfaat sekali bagi tubuh yaitu dapat membentuk sel darah merah. Zat besi dapat diperoleh dari tempe, brokoli, dan bayam. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

5. Vitamin
Ada beberapa jenis vitamin. Setiap jenis vitamin sangat bermanfaat sekali bagi tubuh manusia. Vitamin ada yang bermanfaat untuk mata ada juga yang bermanfaat untuk dapat memudahkan menghasilkan keturunan. Vitamin jumlahnya cukup banyak. Adapun macam-macam vitamin antara lain:

  • Vitamin A
Vitamin A memiliki manfaat mencegah penyakit mata dan juga membuat mata lebih jelas untuk melihat. Vitamin A bisa didapatkan dari wortel, tomat, dan beberapa jenis buah-buahan yang terutama yang berwarna merah. Selain dari tumbuhan, Vitamin A juga bisa didapatkan dari hati sapi.

  • Vitamin B
Vitamin B dapat diperoleh dari kacang merah, kacang kedelai, dan daging sapi. Vitamin B bermanfaat untuk menjaga kesehatan syaraf. Kekurangan Vitamin B bisa menyebabkan penyakit yaitu Beri-beri.

  • Vitamin C
Vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan segar dan sayuran segar. Vitamin C bermanfaat membantu proses penyembuhan dan juga mengobati sariawan. Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan penyakit sariawan.

  • Vitamin D
Vitamin D dapat diperoleh dari minyak ikan dan kuning telur. Vitamin D bermanfaat untuk mengeraskan tulang dan gigi. Fungsi Vitamin D mendukung dari fungsi kalsium. Kekurangan Vitamin D menyebabkan penyakit tulang seperti rakitis, kerdil, dan juga rematik.

  • Vitamin E
Vitamin E bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mencegah kemandulan. Vitamin E dapat diperoleh dari nasi merah, taoge, dan daging sapi. Kekurangan Vitamin E menyebabkan sulit memiliki keturunan sehingga biasanya orang tua menyarankan kepada anaknya yang sudah menikah namun belum mempunyai keturunan untuk sering memakan taoge atau tokol dalam bahasa Jawa.

  • Vitamin K
Vitamin K bermanfaat untuk membantu membekukan darah. Vitamin K dapat diperoleh dari brokoli dan kembang kol. Kekurangan Vitamin K dapat menyebabkan penyakit pendarahan dan juga darah sulit membeku.

Kita sering mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna. Empat sehat lima sempurna yaitu makanan yang mengandung zat yang dibutuhkan tubuh dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Komposisi makanan empat sehat lima sempurna bisa terdiri dari nasi, daging, tempe, sayuran, buah-buahan, dan dilengkapi dengan susu.

Itulah pembahasan tentang zat yang diperlukan tubuh. Jika kekurangan salah satu zat akan menyebabkan penyakit. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk memakan yang bergizi dan mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh. Selain makan bergizi kita juga harus olahraga yang cukup sehingga tubuh benar-benar sehat

2 comments:

  1. ads nya ngeganggu viewers gan...

    ReplyDelete
  2. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    ReplyDelete