Monday 18 December 2017

Mengenal Astronot atau Kosmonot

Berbicara tentang astronot yaitu orang yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Astronot itu sebenarnya sama dengan Kosmonot yaitu orang yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Hanya bedanya astronaut lebih dipopulerkan oleh Amerika Serikat pada masa perang dingin sedang kosmonaut dipopulerkan oleh Uni Soviet pada masa perang dingin.

Perang dingin banyak menyebabkan kemajuan terutama dibidang teknologi. Penyebaran pengaruh antara Amerika Serikat dengan Liberalisme Kapitalisnya sedang Uni Soviet dengan pengaruh komunisnya. Dua negera besar dan luas wilayahnya ini menebarkan pengaruh dan meningkatkan sarana militernya selain itu bersaing dalam ilmu pengetahuan. Persaingan dua negara ini banyak memunculkan senjata-senjata baru dan juga penemuan ilmu baru termasuk mulai memerika antariksa.

Ternyata persaingan di bumi untuk menebar pengaruh tidaklah membuat puas sampai-sampai dua negara ini meningkatkan ilmu pengetahuannya untuk menaklukan pengetahuan akan antariksa atau luar angkasa yang mana mereka sadar bahwa luar angkasa lebih luas dari pada di bumi.

Persaingan untuk meningkatkan pengetahuan akan luar angkasa membuat dua negara ini bersaing untuk bisa sampai keluar angkasa dan mengibarkan bendera mereka dan menyelidiki luar angkasa. Hasil persaingan ini yang pertama terciptanya pesawat luar angkasa. Uni Soviet berhasil menciptakan pesawat Soyuz dan Buran dan juga Vostok yang waktu itu menjadi andalan untuk mengirim orang memerika luar angkasa. Sedang Amerika Serikat menciptakan pesawat luar angkasa yaitu Apollo, Challenger, Discovery.

Untuk menjadi antariksawan atau astronaut atau juga kosmonaut tidaklah mudah dimana mereka harus dicek kesehatannya dan juga pemikirannya dalam mengambil keputusan. Seorang Astronaut haruslah sehat jasmani dan rohani selain itu juga bijak dan cepat mengambil keputusan hal ini berkaitan tentang nyawa mereka karena perjalanan ke luar angkasa itu penuh dengan resiko bisa saja kehabisan oksigen ataupun pesawat luar angkasa ada masalah ataupun faktor lain yang mana bisa saja menghambat perjalanan mereka.

Setelah lulus tes kesehatan mereka harus dilatih ketahanan fisik dan mental guna menghadapi perjalanan keluar angkasa yang mana sudah disebut diatas banyak tantangan dan juga harus bisa cepat mengambil keputusan yang baik.

Berbicara astronaut ataupun kosmonot maka tidak lepas dengan perjalanan keluar angkasa. Ternyata orang yang sampai luar angkasa dahulu adalah dari negara Uni Soviet yang bernama Yuri Gagarin pada tanggal 12 April 1961. Yuri Gagagarin berhasil mengelilingi bumi dari luar angkasa dengan pesawat luar angkasanya yaitu pesawat Vostok 1. Yuri Gagarin mengelilingi bumi dengan waktu 108 menit. Yuri Gagarin juga melihat Amerika Serikat dari luar angkasa.

Keberhasilan Uni Soviet ke luar angkasa membuat Amerika Serikat serius mengembangkan penelitian luar angkasa dan pada tanggal 5 Mei 1961 mengirimkan astronotnya bernama Alan Shepard dengan pesawat MR1 nya mengelilingi bumi dengan waktu 15 menit.

Penilitian tentang luar angkasa terus meningkat hingga sampailah pengiriman ke bulan yang dilakukan oleh Amerika Serikat yaitu dengan Pesawat Apollo 11 dimana astronotnya terdiri dari tiga orang yaitu Neil Amstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins yang mendarat dan menacapkan bendera Amerika Serikat di bulan pada tanggal 20 Juli 1969. Neil Amstrong dan dua temannya tersebut menjadi orang yang pertama kali mendarat di bulan.

Baca Juga : "Keunikan Planet Mars"

Jadi jika berbicara tentang siapa yang pertama mencapai antarika atau luar angkasa jawabannya Yuri Gagarin namun jika pertanyaanya siapa yang sampai bulan pertama Neil Amstrong. Setelah sekian lama masyarakat dunia menerima Neil Amstrong adalah orang sampai ke bulan pertama zaman semakin maju banyak orang ahli astronologi mempertanyakan kebenaran perjalanan Amstrong ke bulan dimana foto-foto yang menunjukan perjalanan Amtrong di bulan banyak pertanyaan seperti tidak adanya bintang-bintang yang terlihat di foto, kemampuan manusia menghadapi radiasi luar angkasa langsung, dan juga bayangan yang ditimbulkan namun sejarah telah mencatat Neil Amstrong menjadi orang yang pertama mencapai bulan.

Setelah Neil Amstrong beberapa tahun kemudian banyak negara mengirim penelitian di bulan dan menambah majunya ilmu tentang antariksa.

4 comments:

  1. Apa bener Neil Amstrong orang pertama yang mendarat di bulan

    ReplyDelete
  2. Dan jangan lupa follow back ane gan

    ReplyDelete
  3. hmm makasih gan infonya jadi lebih tau tentang astronot

    ReplyDelete