Monday 18 December 2017

Pahlawan Indonesia yang Menjadi Nama Tempat di Luar Negeri

Berbicara tentang pahlawan, pahlawan adalah orang yang rela berkorban jiwa dan raga untuk bangsa dan negara. Di Indonesia banyak tokoh pahlawan dari pahlawan pergerakan kemerdekaan sampai pahlawan revolusi. Selain itu sebenarnya banyak pahlawan yang rela berkorban namun tidak tercantum dalam pahlawan yang disebut dalam negara misalnya rakyat biasa yang bersama Jenderal mengusir para penjajah. Mereka rakyat biasa rela mempertaruhkan nyawa dan kekayaannya untuk mendukung perjuangan mengusir penjajah namun tidak semuanya di tertulis sebagai pahlawan dalam buku atau dalam daftar pahlawan namun tetap saja mereka adalah pahlawan tanpa mereka perjuangan tokoh-tokoh pahlawan nasional tidak akan tercapai.

Baca Juga : "Mengenal Sosok Adam Malik"

Itulah pahlawan, pahlawan di Indonesia banyak jumlahnya ternyata pahlawan perjuangan Indonesia tidak hanya dikenang oleh rakyat Indonesia namun juga dikenang oleh warga negara lain bahkan negara lain hal ini dapat dilihat ada beberapa tempat atau jalan yang menggunakan nama pahlawan di Indonesia. Perjuangan pahlawan Indonesia juga terkenang karena dulunya pernah dekat atau belajar di berbagai negara selain itu juga mereka terkesima akan hasil perjuangan pahlawan bangsa Indonesia. Berikut para pahlawan bangsa yang menjadi nama tempat di luar negeri.

1. Ir. Sukarno

Ir. Sukarno merupakan presiden pertama Indonesia. Ir. Sukarno merupakan tokoh yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan. Ir. Sukarno pernah menjadi ketua dalam PPKI yang mana badan ini bentukan Jepang namun setelah Jepang kalah dengan sekutu, PPKI ini berupaya mandiri tanpa campur tangan Jepang mewujudkan cita-cita bangsa yaitu memerdekakan bangsa Indonesia selain itu PPKI juga membentuk struktur bernegara Indonesia dengan membagi wilayah menjadi beberapa provinsi, membentuk beberapa departemen, dan juga melantik presiden dan wakil presiden yang mana akhirnya mamputerbentuk struktur kehidupan bernegara. Sukarno bersama Moh. Hatta merupakan tokoh proklamator yaitu yang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Berbicara tentang pahlawan Indonesia yang menjadi nama tempat di luar negeri, Sukarno merupakan salah satu pahlawan yang namanya diabadikan di luar negeri salah satunya di Maroko yaitu Rue Sukarno atau jalan Sukarno. Jalan Sukarno di Maroko tertelak di Ibu Kota Maroko yaitu Rabat. Maroko sangat terkesima akan sosok Sukarno yang penuh karisma dan pemberani. Jalan Sukarno ini diresmikan oleh Sukarno dan Raja Maroko waktu itu yaitu Raja Muhammad V pada saat Sukarno berkunjung ke Marako.

Baca Juga : "Pertempuran Surabaya Hari Pahlawan"

Selain di Maroko ternyata nama Sukarno juga di abadikan sebagai nama Masjid di Rusia. Adapun awalnya Sukarno berkunjung ke Rusia pada waktu itu awal kemerdekaan hubungan Indonesia dengan Uni Soviet yang sekarang Rusia melihat sebuah tempat yang bagus namun tidak terurus hanya menjadi gudang senjata. Sukarno penasaran bertanya-tanya dan diketahui bahwa gudang senjata itu dahulunya merupakan masjid. Sukarno pada saat bertemu penguasa negeri tirai besi ini yaitu Nikita Kruschev sambil membahas hubungan bilateral juga menyentil akan Masjid yang menjadi gudang senjata di daerah Petersburg yang tak terurus. Nikita Kruschev tahu bahwa Sukarno dan mayoritas warga Indonesia adalah Islam kemudian Nikita Kruschev membuka kembali masjid tersebut sebagai tempat ibadah dan bukan lagi sebagai gudang senjata. Masyarakat Rusia yang beragama islam sangat berterima kasih terhadap Sukarno. Masjid tersebut diberi nama Masjid Biru Sukarno.

Sumber Gambar: https://cdni.rbth.com/rbthmedia/images/2017.12/article/5a29e67785600a06e875d425.jpg


Ternyata tidak hanya di Rusia dan Maroko, beberapa negara lain juga mengabadikan nama Sukarno yaitu di Mesir ada Jalan Ahmad Sukarno untuk mengenang keberanian Sukarno dan hubungan baik Indonesia dengan Mesir khususnya antara Sukarno dengan Presiden Mesir waktu itu yaitu Gammal Abdul Naser yang terkesan akan perjuangan Indonesia membentuk KAA ( Konfrensi Asia Afrika).

Selain negara diatas ternyata Sukarno juga terkenang di Pakistan dengan adanya jalan Sukarno dan juga terkenang di Kuba dimana Presiden Fidel Castro membuat perangko dengan gambar Sukarno dan Fidel Catro.

2. R.A. Kartini

Kartini merupakan sosok pemperjuang sesetaraan antara laki-laki dengan pereempuan. Perempuan berkat perjuangan R.A.Kartini sekarang ini anak perempuan bisa sekolah bahkan ada yang menjadi Presiden yaitu Megawati hal ini menandakan sekarang ini sudah ada kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Di Indonesia R.A. Kartini atau Raden Ajeng Kartini banyak dikenang dengan banyaknya jalan dengan nama jalan tersebut yaitu R.A.Kartini. Ternyata tidak hanya di Indonesia, ada negara lain juga yang mengenang perjuangan Kartini dengan memberikan nama jalan yaitu Kartini. di Amsterdam Belanda. Belanda sangat tersentuh akan perjuangan Kartini untuk mengangkat derajat kaum wanita agar mendapat apa yang bisa di dapatkan oleh laki-laki tanpa membeda-bedakan jenis kelaminnya. Selain itu pemberian nama ini karena Kartini juga seorang alumni dari sekolah di Belanda yaitu Europeso Lagere School.

3. Moh Hatta

Mohammad Hatta merupakan tokoh pemperjuang kemerdekaan Indonesia dan juga wakil presiden pertama Indonesia. Mohammad Hatta bersama Sukarno menjadi bapak Proklamator Indonesia. Selain itu Moh Hatta menjadi Bapak Koperasi Indonesia. Nama Moh Hatta sangat harum di Indonesia banyak jalan yang diberi nama dengan nama Moh Hatta di Indonesia. Ternyata Moh. Hatta juga juga dikenang oleh negara lain dengan membuat jalan dengan nama Moh. Hatta salah satunya di negara Belanda di salah satu jalan di kota Herlem. Mohammad Hatta pernah bersekolah di Belanda . Selama di Belanda Mohammad Hatta sangat memperhatikan Indonesia. Moh Hatta membentuk persatuan pelajar Indonesia di Belanda untuk membulatkan tekan akan perjuangan Indonesia.

Selain tiga nama tersebut ada beberapa tokoh pahlawan Indonesia yang dikenang diluar negeri seperti Sutan Syahrir dan mungkin masih ada yang lainnya. Pemerian nama sesuai pahlawan Indonesia menandakan perjuangan pahlawan Indonesia mampu masuk kejiwa orang lain dan terkesima akan keberanian dan semangatnya memperjuangan bangsa dan negaranya. Orang asing saja bangga akan pahlawan Indonesia, sudah seharusnya warga Indonesia lebih bangga dan juga selalu mengenang jasa-jasanya dan juga mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang membuat Indonesia lebih maju lagi.

1 comment: