Saturday 16 December 2017

Benua Asia Benua Terbesar

Pada artikel sebelumnya sudah membahas tentang benua terpajang dan benua hitam kali ini akan membahas tentang terbesar. Benua terbesar yaitu Benua Asia. Benua Asia besarnya 43.942.000 km2 benua Asia juga termasuk benua terpadat penduduknya negara yang menyumbangkan penduduk terbanyak yaitu China, India, dan juga Indonesia. Benua Asia bergendengan erat dengan Benua Eropa hanya dipisahkan oleh pegunungan Ural. Sering orang menyebut pergendengan ini dengan sebutan Erasia yaitu Eropa dan Asia. 

Benua Asia dianggap sebagai pusat peradapan manusia pada zaman dahulu karena banyaknya kerajaan yang tumbuh dan berkembang luas berasal dari Asia. Benua Asia juga merupakan benua yang melahirkan beberapa agama yang berpengaruh di dunia yaitu islam, kristen, hindu, budha, konghucu, dan shinto. 

Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ148KGmNd2tvw2D8UJYxD6A09YJSOg220GHhzhwVJ0fAv7LrnZA8-UQiwK_3RTBj9VYFhnWLe1cRocUz2PnAXwlrni0N_gWwwssOidfbeCeLN3hAG3GBoeuLY-KpLjLgq5QVOV9tjvOJH/s1600/Peta-Benua-Asia.jpg

Berdasarkan pembagian wilayah, wilayah Asia dibagi menjadi Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Barat, dan Asia Tengah. Di Asia Timur dihuni oleh negara Jepang, China, Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan, dan Mongolia. Sedangkan Asia Tenggara dihuni oleh negara yang bergabung dengan ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darusalam, Thailand, Filipina, Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja, Singapura, dan satu lagi negara yang belum gabung ASEAN yaitu Timor Lestle. Berbicara Asia Selatan dihuni oleh India, Pakistan, Bangladesh, Srilangka, Nepal, dan Maladewa. Selanjutnya Asia Barat yaitu negara-negara asia yang merupakan negara arab terdiri dari Arab Saudi, Uni Emerat Arab, Iraq, Iran, Suriah, Lebanon, Yordania, Palestina,Oman, Kuwait, dan Bahrain. Sebenarnya Turki dan Israel ikut Asia Barat namun aktivitas negaranya lebih menginduk negara-negara di Eropa. Asia Tengah dihuni oleh negara-negera pecahan dari Uni Soviet seperti Armenia, Azarbaijan, Kazaktan, Kirgystan, Uzbekistan, Turmenistan, dan Tajikistan. 

Sedangkan ras di Asia tersebar ada ras mongoloid yaitu negara-negara di Asia Timur dan sebagian Asia Tenggara. Ada juga Ras Kaukasoid yaitu pecahan dari Uni Soviet yaitu negara-negara di Asia Tengah. Sedang Asia Barat dan Selatan lebih kecampuran ras Kaukasoid dengan ras lainnya. 

Benua Asia merupakan benua yang paling banyak menyimpan banyak bangunan bersejarah yaitu Candi Borobudur, Candi Perambanan, Taj Mahal, Tembok Besar China, Kabaah, Masjid Madinah, banguna berupa pagoda, AngkorWat,  dan banyak lagi lainnya. 


Selanjutnya berbicara kekayaan alam benua Asia merupakan benua yang menyimpan banyak kekayaan alam yaitu minyak bumi, batu bara, emas, timah, dan hasil bumi lainnya didukung pula oleh tanah yang subur di Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan yang menyebabkan hasil pertanian cukup melimpah. 

Benua Asia secara astronomi terletak pada 11 derajat LU - 80 derajat  LU dan 25 derajat BT - 170 derajat BT. Benua Asia terdapat pegunungan tertinggi di dunia yaitu pegunungan Himalaya dengan puncaknya bernama Gunung Everest. Tidak hanya Afrika, benua Asia juga memiliki gurun diantaranya Gurun Gobi yang merupakan gurun terluas di Asia. 

Benua Asia sebagai benua yang subur hal ini juga didukung oleh banyaknya sungai-sungai yang mengalir di Asia diantaranya Sungai Gangga, Sungai Mekong, Sungai Hoangho, Sungai Musi dan beberapa sungai lainnya. Di Benua Asia tepatnya di negara Yordania terdapat Laut Mati yaitu laut dengan kadar garam yang sangat tinggi sehingga jika kita tiduran di air laut tersebut tidak akan tenggelam. 

Negara di Asia yang tergolong mampu dalam memproduksi segala teknologi diantaranya China, Jepang, Korea Selatan, dan India. Jepang sangat terkenal akan teknologinya baik sepeda motor, televisi, dan juga peralatan lainnya. Selain itu Jepang juga terkenal akan beberapa produksi film aminasinya Sementara China sekarang ini juga menjadi negara yang maju dalam hal teknologi. China mampu menciptkan barang-barang elektronik dengan harga jual lebih murah dari bangsa lain selain itu juga sekarang China sudah mampu menciptakan pesawat terbang. China merupakan negara yang memiliki hak Veto.  Berbicara India selain maju dalam perfilman yaitu industri film Bolywood yang mana film-filmnya laris tidak hanya di India namun juga di belahan dunia. Selain itu India juga sudah mulai memproduksi beberapa peralatan yang berbasis teknologi. 

Baca juga : " Benua Terpanjang di Bumi "

No comments:

Post a Comment