Sunday 31 December 2017

ASEAN Kawasan yang Strategis

Berbicara ASEAN merupakan organisasi bangsa-bangsa yang berada di kawasan Asia Tenggara. Kepanjangan ASEAN yaitu Associations of South East Asia Nations. Di Indonesia ASEAN dikenal juga dengan nama PERBARA yaitu Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara. ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand. ASEAN dibentuk berdasarkan kesepakatan 5 negara yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Lima negara tersebut diwakili oleh menteri luar negerinya yaitu
1. Indonesia diwakili Adam Malik
2. Singapura diwakili S.Rajaratnam
3. Filipina diwakili Narsisco Ramos
4. Thailand diwakili Thanat Koman
5. Malaysia diwakili Tun Abdul Razak
Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhi_uso6gqQr_g8UuGWurfbqA8NT2aCruedykvfckl5jcuTk6SE6EW8smtUwm5MiNMEbP4Ibnbg458T81sCT7ZmjdD1G7EP-EYy-yQZQLV4I_ffaIcqb7izxzzwcom_iIpYm1Ur15AdBiw/s1600/ASEAN-Emblem.png


Anggota ASEAN pertama berdiri berjumlah lima negara namun beberapa tahun kemudian bertambah dan sampai sekarang ada 10 negara hanya Timor Lestle yang merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang belum masuk ASEAN. Pada tanggal 7 Januari 1984 Brunei Darussalam masuk menjadi anggota ke 6 kemudian pada tanggal 28 Juli 1995 Vietnam masuk. Pada tanggal 23 Juli 1997 dua negara masuk menjadi Anggota ASEAN yaitu Myanmar dan Laos. Selang satu tahun yaitu pada tanggal 16 Desember 1998 Kamboja menjadi anggota ASEAN. Lambang ASEAN mencerminkan persatuan 10 negara yaitu batang padi yang berjumlah 10 terikat menjadi satu. 



Adapun tujuan ASEAN diantaranya
1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial dikawasan Asia Tenggara.
2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.
3. Meningkatkan kerjasama saling membantu untuk meningkatkan kemajuan bersama dibidang sosial, iptek, ekonomi, dan kebudayaan.
4. Memajukan penelitian bersama mengenai masalah-masalah yang terjadi dikawasan Asia Tenggara.
5. Memajukan kerjasama dibidang pertanian, industri, komunikasi, dan perdagangan.
6. Mememlihara kerjasama lebih erat dengan organisasi internasional.

Baca Juga : " Terbentuknya PBB"

ASEAN sebagai organisasi negara regional juga memiliki gedung sekretariat yang berada di Jakarta. Sedangkan Sekretariat Jenderal dipilih secara bergilir dari tiap negara anggota. 

Sumber gambar: https://www.plengdut.com/wp-content/uploads/2013/04/Letak-geografis-Indonesia-pada-peta-ASEAN.png


Selanjutnya mengenai wilayah Asia Tenggara yaitu Kawasan ASEAN yang mana beranggota 10 negara di Asia Tenggara. Asia Tenggara sendiri merupakan kawasan strategis secara geografis karena terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Selain itu Asia Tenggara juga terletak diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik yang membawa Asia Tenggara menjadi pusat transportasi laut yang padat dilalui oleh negara-negara didunia sehingga memunculkan pelabuhan ramai di Asia Tenggara contohnya di Singapura yang dekat dengan Selat Malaka yang menjadi selat yang menjadi lalu lintas pelayaran negara-negara. Adapun luas Asia Tenggara sendiri sekitar 4.100.000 km2. 


Berbicara keadaan alamnya, Asia Tenggara juga merupakan kawasan yang subur. Di Asia Tenggara banyak sungai yang mengalir dan lembah-lembah selain itu juga terdapat perbukitan dan dataran rendah yang memiliki tanah yang subur sehingga sebagian besar penduduk Asia Tenggara sebagai petani. Padi merupakan tanaman pertanian utama di kawasan Asia Tenggara. Selain tanahnya juga Asia Tenggara berada di kawasan antara Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia yang mana di Kawasan Asia Tenggara juga di lalui lalu lintas ikan berenang sehingga menjadikan para nelayan banyak menghasilkan ikan dan ikannya juga berbagai jenis ada di kawasan Asia Tenggara. 

Negara di kawasan Asia Tenggara atau khususnya anggota ASEAN juga membentuk industri bersama atau kerjasama dengan mendirikan beberapa usaha di antaranya
1. Pabrik Pupuk Urea Amonia di Indonesia
2. Industri Tembaga di Filipina
3. Mesin Diesel di Singapura
4. Pabrik Urea di Malaysia.
5. Pabrik Abu Soda di Thailand.

Selain kerjasama di Ekonomi juga melakukan kerjasama di bidang lainnya seperti sosial dan juga politik. 

No comments:

Post a Comment