Wednesday 20 December 2017

Kebiasaan Tahun Baru di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang berbentuk kepulauan. Indonesia terdiri dari berbagai suku yang mana setiap suku memiliki budaya masing-masing. Berbicara tahun baru sebenarnya yang akan saya bahas tentang kebiasaan tahun baru masehi di Indonesia. Di Indonesia mengenai tahun baru nasional atau masehi itu selalu dirayakan oleh warga negara Indonesia. Berbeda dengan tahun baru Hijriyah dimana dirayakan dengan mengaji dan berdoa dan kegiatan yang berkaitan agama islam namun berbeda dengan tahun baru masehi atau tahun baru nasional dirayakan oleh seluruh warga negara Indonesia.

Setiap tahun baru hampir tua muda memiliki acara sendiri untuk merayakan moment tahun baru beberapa hal akan di bahas di sini mengenai kebiasaan tahun baru di Indonesia.

1. Konser Musik

Kebiasaan ini biasa dilakukan di kota-kota dengan mengadakan konser musik untuk merayakan tahun baru. Untuk menantikan tahun baru dalam selang hitungan jam dan juga untuk membuat moment pergantian tahun hampir setiap daerah terutama kabupaten, kotamadya ataupun provinsi mengadakan acara salah satunya konser musik. Konser musik ditahun baru selalu digandrungi muda-mudi hingga rela berdesak-desakan untuk menyaksikan pagelaran musik atau konser musik. Hampir setiap daerah mengundang penyanyi atau artis nasional untuk mendukung meriahnya pergantian tahun di daerah masing-masing.

2. Bakar-Bakaran Ikan

Tidak semua anak muda itu tertarik akan konser musik, ada juga sebagian anak muda lebih tertarik berkumpul dengan teman-temannya kemudian mengadakan acara sendiri salah satunya bakar-bakaran ikan ataupun ayam. Rasa kebersamaaan muncul dari makan bersama dan menunggu pergantian tahun dengan ngobrol ataupun bermain gitar sambil menunggu ikannya matang.

3. Mengaji

Seperti tahun baru Hijriyah, Ada beberapa daerah ataupun beberapa desa yang mengadakan pengajian atau ngaji bersama. Pengajian ini dilanjutkan doa bersama semoga tahun selanjutnya akan lebih baik lagi.

4. Konvoi Motor

Kebiasaan lainnya selain diatas adalah konvoi motor dimana dilakukan di kota-kota dengan rombongan banyak kemudian berhenti disalah satu tempat diselingi dengan menyalakan kembang api ataupun petasan.

5. Menonton Televisi

Tidak selalu tahun baru dirayakan dengan kumpul bersama, ada beberapa orang yang lebih suka menghabiskan tahun baru dengan menonton acara ditelevisi. Acara yang tayang ditelevisi juga menarik seperti konser musik nasional yang disiarkan langsung dari ibukota negara ataupun provinsi. Selain itu biasanya tahun baru juga ditayangkan film yang menarik biasanya film laga ataupun horor yang membuat orang betah didepan televisi.

Itulahlah kebiasaan tahun baru yang dilakukan oleh orang Indonesia dan mungkin juga dilakukan oleh negara lain juga. tidak selalu acara tahun baru disambut meriah oleh warga negara Indonesia ada juga yang menganggap sebuah perubahan hari seperti biasa yang tidak harus di rayakan. Tahun baru selalu ramai salah satunya anak sekolah libur pagi harinya ataupun perkuliahan libur sehingga menjadi sarana untuk mencari hiburan untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas belajar.

1 comment:

  1. Kebiasaan tahun baru menurut Aku banyak menghamburkan waktu yang sia-sia. Terima kasih atas tulisannya...

    ReplyDelete