Wednesday 20 December 2017

Mengenal Anjungan Tunai Mandiri ( ATM)

Anjungan tunai mandiri atau dalam bahasa Inggris yaitu Automatic Teller Machine yang biasa di sebut ATM merupakan sebuah alat yang membantu mempermudah manusia dijaman modern untuk mengirim uang dan mengambil uang dengan cepat. ATM merupakan alat yang disediakan oleh bank yang diteletakan ditempat-tempat strategis yang kiranya manusia banyak melakukan transaksi conto di Pom Bensin atau SPBU dan juga pasar. Meletakan mesin ATM ini untuk memudahkan manusia jika ingin mengambil uang dan memudahkan kegiatan teransaksi tanpa harus datang kebank untuk mengambil atau mengirim uang.

ATM merupakan alat pintar yang mampu memudahkan ataupun menggantikan petugas bank melayani mengambilan uang dan mengiriman uang untuk keperluan masing-masing contoh membayar pembelian online atau menerima pembayaran dari pembelian online atau membayar untuk membeli tiket dan membayar belanjaan. Hanya dengan memasukan kartu ATM dan PIN pada ATM tersebut maka akan dilayani oleh mesin ATM untuk mengambil atau mengirim uang.
Sumber gambar: https://image.cermati.com/f_auto,q_70/qsftneq6fkrbv4ri4ilj

ATM mulai lebih banyak digunakan pada awal tahun 1980-an. ATM yang pertama ada didunia yaitu De La Rue yang merupakan hasil ciptaan Inggris yang diciptakan oleh perusahan pembuat kertas dan alat percetakan. Pada waktu itu mesin ATM tersebut dipasang di Bank Barclays di Enfield Town London Utara pada tanggal 27 Juni 1967. Adapun orang pertama yang menggunakan  mesin ATM adalah Reg Varney pada program acara televisi yang populer di Inggris yaitu On The  Buses pada tahun 1960-an.

Sumber gambar: https://ihdaihda.files.wordpress.com/2011/04/56644_kartu_atm1.jpg

Berbicara tentang teknologi PIN pada ATM dikembangkan oleh James Goodfellow yang berasal dari Inggris pada tahun 1965. James Goodfellow memegang hak paten atas penciptakan PIN ATM. Dalam menggunakan PIN pada mesin ATM tidak boleh salah maksimal tiga kali berturut-turut dalam satu traksaksi. Jika lebih dari tiga kali maka kartu ATM akan tertelan oleh mesin ATM.

Di Modern ini perkembangan ATM semakin maju dan hampir setiap bank mempromisikan pembuatan kartu ATM bank masing-masing. ATM sekarang ini menggunakan bahan plastik dengan dilengkapi garis magnetis atau kartu pintar ( smartcard) yang berisi sebuah chip yang berisi nomor rekening nasabah.

Penemuan ATM membantu manusia dalam melakukan transaksi. Pada zaman dahulu untuk mengambil uang harus menuju bank tempat kita menabung sehingga memperlukan waktu tempuh menuju bank dan terbatasnya waktu karena bank buka umumnya hanya sampai pukul 15.00.


5 comments:

  1. adakah cara untuk membuat kartu atm sendiri?

    ReplyDelete
  2. Berarti menuruut ane ATM itu Auto Travsver Money ternyata salah ya :3 maklum baru tahu sekarang pengertian atm yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah setelah baca artikel ini saya jadi tahu arti ATM yang sebenarnya. Informasi Gadget Terbaru

    ReplyDelete