Sunday 17 December 2017

Benua Antartika yang Dingin

Berbicara tentang benua sudah tak bahas beberapa diantaranya ada Benua Asia, Amerika, dan Afrika sudah tak bahas sekarang membahas benua yang dingin benua Antartika. Benua Antartika terletak di kutub selatan. Berbeda dengan Kutub Utara yang berupa samudra yang dingin yaitu Artik. Di Kutub Selatan terdapat benua yang tertutup es dan suhunya dingin sehingga tidak ada manusia yang menetap di benua ini. Benua Antartika merupakan daratan tak berpemilik artinya tidak ada sebuah negarapun yang mengklaim daratan benua ini. Benua Antartika digunakan manusia untuk melakukan penelitian.
Sumber gambar : https://www.jawabsingkat.com/wp-content/uploads/2017/03/antarctica-352394_640-300x222.jpg



Pembahasan mengenai es abadi di benua ini cukup menarik. Antartika sedikit mendapat sinar matahari sehingga suhunya dingin. Suhu di Benua Antartika sekitar -70 derajat celcius. Benua Antartika pernah mengalami suhu lebih dari itu yaitu pada tanggal 21 Juli 1983 yaitu sampai -89 derajat celcius.


Benua Antartika dihuni oleh beberapa hewan seperti  pinguin, dan beberapa hewan yang kuat di iklim dingin. 

1.Pinguin Adelia

Membahas tentang pinguin yang hidup di Antartika yaitu pinguin Adelia. Pinguin ini memiliki kemampuan dapat menyelam digumpalan es. Seperti pinguin lainnya, pinguin ini berwarna hitam dan putih. Hitam dibagian punggung dan putih dibagian badan. Penguin ini tingginya 60-75cm dengan berat badan antara 3 sampai 6 kg. 

2. Kelinci Sepatu Salju 

Hewan yang kedua ada seekor kelinci. Kelinci ini memiliki keunikan yaitu akan mengeluarkan tumbuhan yang dimakan bersama kotoran setelah mengalami pencernaan namun akan dimakan kembali. Kelinci ini memiliiki bulu yang putih mulus. 

3. Collembola

Hewan ini mirip dengan ulat. Callembola disebut sebagai Gajah Antartika padahal ukurannya kecil. Hewan ini berkaki enam dan hidup disela-sela batuan. 

Itulah beberapa hewan yang hidup di Benua Antartika. Benua Antartika banyak dijumpai pinguin berbeda dengan Samudra Artik banyak dijumpai Beruang kutub.


Ternyata ada beberapa hal yang  menarik di Antartika namun sedikit yang tahu diantaranya selain hewan diatas ada lagi yaitu
1. Benua Antartika pernah mengalami pernah mengalami musim hangat hingga pohon kelapa tumbuh disekitar pantai sekitar 53 juta tahun yang lalu. Suhu waktu itu sekitar 20 derajat celcius keatas sehingga lumayan hangat. 
2. Ternyata 70 % air tawar di bumi berada di Antartika namun telah membentuk es yang tebalnya hingga 4 km. Jika permukaan Antartika mencair maka volume air laut akan bertambah besar sehingga bisa menyebabkan bencana bagi manusia terutama yang tinggal dipulau-pulau terpencil.
3. Benua Antartika ditemukan oleh orang Norwegia yang melakukan perjalanan di Antartika yaitu bernama Roal Amundsen. 
4. Di Antartika juga ditumbuhi beberapa jamur yang jumlah spesiesnya mencapai 1000 lebih yang mampu beradaptasi terhadap suhu yang dingin.
5. Diantara benua lainnya Antartika merupakan benua yang paling sedikit spesiesn hewan dan tumbuhan hidup.
6. Terdapat air terjun di Antartika namun warna airnya merah. Warna merah berasal dari pencampuran garam pada air dan zat besi yang ada batuan. Air terjun darah ini berawal dari Gletser Taylor.
7. Ada sekitar 300 danau di Antartika yang airnya tidak mengalami pembekuan karena terlindung oleh kehangatan inti bumi. 

Itulah tentang benua Antartika benua yang tertutup sebagian besar oleh es yang sudah lama yaitu sekitar 40 juta tahun yang lalu. 

Baca juga : Benua Terluas di Bumi




No comments:

Post a Comment