Saturday 16 December 2017

Benua Terpanjang di Bumi

Berbicara tentang benua di bumi ada 6 benua yaitu Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Antartika. Berbicara tentang benua terpanjang jawabannya adalah benua Amerika. Benua Amerika panjangnya sekitar 15.300 km membentang dari Amerika Utara sampai Amerika Selatan.



Benua Amerika ditemukan oleh seorang pelayaran dari Spanyol yaitu Cristoper Columbus. Cristoper Columbus berlayar dari Eropa menuju Asia sebenarnya tepatnya Hindia namun melalui jalur yang berbeda dengan pelayar-pelayar yang lainnya sehingga sampailah di sebuah benua yaitu Benua Amerika. Sebenarnya dibenua Amerika juga sudah berpenghuni yaitu suku bangsa Eskimo dan beberapa suku pedalaman namun belum terjamah oleh orang diluar benua tersebut. Benua Amerika diberi nama Amerika diambil dari pelayar asal Italia yaitu Amerigo Vespucci. Kenapa nama benua tidak dari nama Columbus melainkan Vespucci? karena Vespucci merupakan pelayar yang membukukan perjalanannya Vespucci menyebut dunia baru yaitu bukanlah asia namun sebuah benua yang lain dan diterangkan dengan kata-kata yang menarik beserta alur untuk mencapai dunia baru tersebut. Tulisan Vespucci inilah yang mendorong bangsa Eropa melakukan pelayaran sesuai buku yang ditulis Vespucci dan sampailah bangsa Eropa ke benua tersebut dan akhirnya benua baru tersebut diberi nama Amerika. Sebenarnya Cristoper Columbus melakukan pelayaran lebih dulu dari pada Vespucci namun karena buku Vespucci lah yang mendorong orang Eropa berlayar ke Amerika. Itulah asal muasal pemberian nama Benua Amerika

Berbicara tentang Benua Amerika, benua ini dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Amerika Utara dihuni oleh negara Amerika Serikat dan Kanada sedang Amerika Tengah merupakan negara yang berupa kepulauan yaitu negara Dominika, Haiti, Kuba, Meksiko, Nikaragua, Honduras, Jamaika, dan beberapa negara lainnya. Sedangkan Amerika Selatan dihuni oleh negara Argentina, Brazil, Uruguay, Paraguay, Chile, Kolombia, dan beberapa negara lainnya. Amerika Selatan terkenal sebagai Amerika Latin selain itu Amerika Selatan juga merupakan wilayah yang banyak menghadirkan negara-negara hebat dalam sepak bola.

Baca juga : " Benua Afrika Menyimpan Pesona Alam"

Kembali ke Benua Amerika, Benua Amerika memiliki letak astronomi yaitu 72 derajat LU- 59 deajat LS dan 36 derajat BB sampai 163 derajat BB. Benua ini memiliki batas-batas yaitu sebelah utara Samudra Artik, sebelah timur Samudra Atlantik, dan sebelah selatan dan barat Samudra Pasifik. Bentang alam benua ini terdiri dari pegunungan , sungai dataran rendah, dataran tinggi. Pegunungan tertinggi dibenua Amerika yaitu Gunung Aconcagua. Di benua itu ada sungai yang sangat luas tidak hanya di Amerika namun juga di dunia yaitu Sungai Amazon. Di sungai Amazon jika kita suka acara televisi traveling terutama tentang Sungai Amazon kita akan menemukan hewan-hewan atau ikan dan ular yang besar-besar. Selain Sungai Amazon di Benua Amerika ada sungai lainnya yaitu Sungai Missisipi, Sungai Ohio, dan Sungai Misauri. Sudah dibahas diatas penduduk asli Amerika adalah suku bangsa Eskimo. Selain suku bangsa Eskimo ada juga yaitu suku bangsa Indian. Berbicara suku Eskimo mereka suka tinggal dierah yang dingin yaitu Kanada dan Amerika Serikat. Rumah tradisional Suku Eskimo yaitu Iglo. Sedang Amerika Tengah dan selatan penduduk aslinya yaitu suku Indian termasuk didalamnya suku bangsa Maya dan Aztek. Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Benua Amerika terdapat bangunana yang terkenal yaitu Gedung Putih, Patung Liberty, Patung di gunung Rushmore, dan patung Kristus.

Benua Amerika juga menyimpan keindahan alam yaitu terdapat air terjun Niagara dan Grand Canyon dan masih banyak lainnya. Berbicara tentang kekayaan alamnya Benua Amerika menghasilkan barang tambang seperti batubara, minyak bumi, seng, tembaga, bijih besi, timah hitam, dan juga emas. Selain tambang hasil bumi juga melimpah seperti kopi, coklat, gandum, dan lainnya.

Kedatangan bangsa Eropa ke Benua Amerika membuat wilayah-wilayah di Benua Amerika terjajah termasuk juga wilayah yang sekarang menjadi negara Adikuasa yaitu Amerika Serikat.

Baca Juga tentang : " Amerika Serikat Pernah di Jajah "



No comments:

Post a Comment