Saturday 2 December 2017

Rangka dan Penyakit Tulang

Berbicara mengenai rangka, rangka didalam tubuh manusia dan hewan memiliki fungsi yaitu memberi bentuk tubuh, tempat melekatnya otot, dan juga melindungi organ dalam tubuh. Rangka manusia tersusun atas tulang-tulang setiap tulang berhubungan dihubungkan oleh sendi. Sendi merupakan penghubung pertemuan tulang. Berbicara sendi ada beberapa macam sendi yaitu sendi engsel, sendi putar, sendi peluru, sendi pelana, dan sendi geser. Sendi engsel merupakan sendi yang arah geraknya hanya satu arah contoh sendi engsel sendi antara tulang lengan atas dengan tulang hasta dan pengupil. Sendi pelana gerakannya dua arah contoh letak sendi pelana contohnya tulang pergelangan tangan dan tulang ibu jari. Selanjutnya ada sendi putar sendi yang gerakannya memutar yaitu 180 derajat contohnya sendi dileher. Sendi peluru yaitu sendi yang gerakannya segala arah contoh antara tulang belikat dengan lengan atas. 

Sumber gambar: www.satujam.com/wp-content/uploads/2017/08/Software-Human-3D.jpg


Berbicara rangka ternyata waktu banyi rangka manusia jumlahnya banyak hampir 300 tulang namun setelah dewasa tulang-tulang tersebut sebagian bersatu sehingga jumlahnya makin sedikit sekitar 206. Tulang ada yang bersifat keras ada juga yang kurang keras yaitu tulang rawan. Semakin tua tulang ditubuh kita akan mengeras. 

Rangka manusia dibedakan menjadi tiga yaitu rangka tengkorak, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Rangka tengkorak yaitu segala tulang yang menyusun kepala yaitu ada tulang ubun-ubun, tulang pipi, tulang dahi, tulang pelipis, tulang rahang, tulang hidung, dan juga tulang kepala belakang. Sedang tulang badan yaitu tulang yang berada dibadan. Tulang badan melindungi organ dalam yang berada dibadan seperti jantung dan lainnya berbeda dengan tulang dikepala yang memberi bentuk wajah manusia dan melindungi otak manusia. Tulang badan terdiri dari tulang rusuk, tulang dada, tulang belakang, tulang pinggang, dan tulang belikat dan selangka.Sedangkan tulang anggota gerak yaitu tulang yang penyusun tangan dan kaki. 

Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com/-PLRk_ErhMQ4/WJwG_AfcGYI/AAAAAAAAAH8/dewLMxipBWIxTmd_lZHrQu_mWNMUcAXlwCLcB/s640/kelainan%2Btulang%2Btulang.JPG

Tulang jika tidak kita jaga dengan baik kita bisa mengindap penyakit tulang ada beberapa penyakit tulang diantaranya:
1. Lordosis yaitu kelainan tulang belakang dimana tulang punggung membengkok kedepan hal ini disebabkan seringnya sikap duduk yang salah dimana tulang punggung sering ditekan kedepan. Kebiasaan yang salah jika dilakukan terus menerus akan membuat tulang kita membentuk seperti tidak seharusnya.
2. Kifosis yaitu tulang punggung bengkok kebelakang yaitu membungkuk. Kebiasaan ini terjadi bisa karena sikap duduk yang salah juga bisa karena seringnya memanggul beban yang berat.
3. Skoliosis yaitu tulang punggung bengkok kekanan atau kekiri disebabkan sering membawa beban tidak seimbang sehingga tulang punggung bengkok kekanan atau kekiri.
4. Osteoporosis yaitu tulang menjadi keropos biasanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Osteoporosis menyebabkan tulang mudah patah. Penyebab osteoporosis yaitu tubuh kulang asupan kalsium atau zat kapur. Penyakit itu bisa dicegah dengan sering mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D.
5. TBC Tulang yaitu tulang menjadi lemah dan bernanah. Penyebab penyakit ini lingkungan yang tidak bersih. Penyakit ini akan perakibat timbunya rasa nyeri. Cara mencegah penyakit ini yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pencahayaan yang cukup selain itu juga sirkulasi udara yang baik.
6. Reumatik yaitu nyeri pada tulang disebabkan sikap tubuh yang salah. Penyakit ini bisa juga menimbulkan pembengkakan sendi.

Cara menjaga kesehatan tulang diantaranya dengan mengkomsumsi makanan yang sehat dan juga banyak mengandung vitamin D, kalsium, dan fosfor yaitu makanan seperti kuning telur, ikan, dan susu. Selain makanan juga perlu olahraga yang teratur dan juga melakukan sikap tubuh yang benar dari duduk dan jangan membawa beban yang terlalu berat.

No comments:

Post a Comment