Saturday 16 December 2017

Benua Afrika Menyimpan Pesona Alam

Berbicara benua Afrika kita langsung terbayang keadaan alamnya yang berupa daerah yang kering. Memang benar sebagian besar wilayah Afrika merupakan daerah yang kering dan tandus hal ini bisa dilihat dari banyaknya gurun yang luas di Afrika . Ternyata tidak hanya tandus ternyata ada hal menarik dari benua Afrika ini dalam artikel ini akan membahasnya.
Benua Afrika merupakan salah satu benua yang ada di bumi. Kita tahu ada 6 benua di bumi namun hanya 5 yang didiami oleh manusia yaitu Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia. Terus benua yang tidak dihuni manusia namanya pa? Benua yang tidak dihuni namanya benua Antartika yang berada dikutub selatan. Lain kali akan membahas tentang benua ini namun kali ini akan fokus tentanh benua Afrika. Seperti di Asia, benua Afrika banyak berdiri negara-negara. Berbicara ras yamg mendiami Afrika sebagian besar dari ras bangsa Negroid. Ras bangsa negroid berkulit hitam. Benua Afrika mendapat julukan benua Hitam karena mayoritas penduduknya berkulit hitam yang berasal dari negroid.


Sumber gambar: https://storage.googleapis.com/ilmugeografi/2017/07/Benua-Afrika.jpg

Selanjutnya berbicara pesona Afrika berkaitan alamnya yaitu
1. Afrika banyak dihuni fauna-fauna
diantara fauna yang ada di Afrika singa, macan, zebra, hiena, chetah, serigala, kuda nil, badak, buaya, berbagai ular, gajah, dan binatang lainnya. Acara televisi berkaitan tentang kehidupan liar binatang yaitu makan dan dimakan antar binatang banyak mengambil lokasi di Afrika. Seperti singa memakan zebra atau lainnya dan direbut oleh heina dan macan atau buaya memakan hewan yang menyeberang sungai dan lainnya sebagian besar mengambil di Afrika.
2. Terdapat Gurun Tertinggi di Dunia
Di Afrika sudah dibahas diatas daerahnya kering dan tandus selain itu banyak gurun salah sati gurun yang sangat luas bukan hanya terluas di Afrika tapi dunia ada di benua Afrika yaitu gurun Sahara.
3. Ada Bangsa Arab di Afrika
Di Afrika Utara sebagian besar berasal dari suku hamid yaitu suku yang sama dengan penduduk di Asia Barat. Negara di Afrika Utara dengan negara di Asia Barat sering disebut dengan Timur Tengah. Negara Afrika Utara antara lain Libya, Mesir, Tunisia, dan Aljazair.
4. Adanya Bangunan yang Masuk Keajaiban Dunia
Jika berbicara bangun keajaiban dunia atau tepatnya tujuh keajaiban dunia ternyata Afrika juga memiliki yaitu piramida. Piramida terdapat di negara Mesir yang dahulunya merupakan makam para raja pada masa Mesir Kuno. Piramida merupakan bangunan yang disusun membentuk limas segi empat. Diperkirakan dibangun sudah lebih dari 1000 tahun. Bangunan piramida terdapat di Mesir yang mana terletak ditanah yang tandus.
5. Adanya Sungai Terpanjang di Dunia
Di Afrika ada sungai tetpanjang di dunia yaitu sungai Nil yang terletak di Mesir. Kehadiran sungai Nil menciptakan daerah ditepi sungai Nil menjadi daerah yang subur dan banyak dimanfaatkan untuk pertanian.
6. Banyak Menyimpan Bahan Tambang
Benua Afrika zaman dahulu menjadi daya tarik orang Eropa datang ke Afrika. Afrika sebagian besar merupakan tanah yang kurang subur kecuali disekitar sungai nil namun Afrika memiliki daya tarik sendiri yaitu menyimpan barang tambang seperti emas, tembaga, dan juga minyak bumi. Kekayaan alam inilah yang menyebabkan bangsa Eropa datang ke Afrika dan menjajah negara- negara di Afrika.
7. Kepadatan Penduduk yang Kurang
Benua Afrika tidak sepadat Asia, Eropa, dan Amerika. Benua Afrika penduduknya dibanding 3 benua diatas sangat sedikit. Iklim yang kurang mendukung yaitu kering yanh panjang dan juga sulitnya sumber air dan juga banyak terjadi konflik dibeberapa negara di Afrika menyebabkan penduduknya sedikit.
8. Adanya Terusan Suez
Terusan Suez merupakan terusan yang dibangun untuk menghubungkan Laut Tengah dengan Laut Merah. Terusan ini dibangun oleh Prancis pada masa menguasai Mesir. Terusan ini dibuat untuk mempersingkat jarak tempuh pelayaran terutama oleh bangsa Eropa yang tidak harus berputar mengelilingi Afrika.

Itulah tentang benua hitam atau benua Afrika. Benua yang luasnya sekitar 30.349.000 km2 ini menyimpan keadaan alam yang menarik. Benua Afrika banyak berdatangan orang Eropa sejak tahun 1800-an. Benua Afrika menjadi benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika.

No comments:

Post a Comment