Monday 18 December 2017

Raja Dongeng

Berbicara tentang dongeng maka dipkiran kita akan muncul cerita-cerita yang dulu diceritakan waktu kecil yang isinya tetang sesuatu yang sebenarnya tidak masuk akal. Dongeng sendiri merupakan cerita yang bersifat hanyal atau tidak masuk akal. Dongeng dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya.

1. Fabel
Fabel merupakan dongeng yang berisi tentang cerita binatang yang seolah-oleh seperti manusia contoh berbagai dongeng kancil misalnya kancil dengan petani dan kancil dengan buaya. Dalam cerita tersebut kancil mampu berbicara layaknya manusia dan mampu berpikir cerdik untuk mengakali sehingga mampu mendapatkan apa yang diinginkan. Itulah tentang Fabel

2. Mite
Dongeng yang kedua ini merupakan dongeng yang berisi cerita-cerita tentang roh halus misalnya cerita tentang Nyai Loro Kidul dan sebagainya yang bersifat mistik. Cerita Mite selalu membuat bulu kuduk merinding jika diceritakan dengan penuh penghayatan.

3. Legenda
Dongeng yang ketiga ini merupakan dongeng yang berisi cerita yang menceritakan asal usul suatu daerah atau tempat dengan dikemas secara penuh dramatis dan memiliki kekuatan super yang mampu mewujudkan tempat tersebut contoh Legenda Danau Toba dan juga Legenda Tangkuban Prau.

4. Sage
Dongeng ini merupakan dongeng yang bercerita tentang kepahlawanan yang dikemas dengan keunggulan pahlawan tesebut dan diceritakan dengan mempunyai kekuatan yang lebih contoh cerita Jaka Tingkir. Jaka Tingkir memang dahulu ada namun cerita yang berkembang atau difilmkan dibuat berlebihan dengan kekuatan super.

Itulah tentang jenis-jenis dongeng terus siapakah raja dongeng sebenarnya? untuk selanjutnya membahas raja dongeng. Raja Dongeng merupakan orang yang mampu membuat banyak dongeng dan menceritakan isi dongeng tersebut. Yang dimaksud raja dongeng disini adalah Hans Christian Andersen. Kenapa Andersen mendapat julukan raja dongeng? karena Andersen sudah menciptakan banyak dongeng contoh karya-karya Andersen antara lain Anak Itik yang Buruk Rupa, Putri Laut yang Mungil, Putri Raja di Atas Karang Kapur, dan masih banyak lainnya.

Siapakah Andersen itu? Andersen merupakan seseorang yang lahir di Denmark pada tanggal 2 April 1805. Andersen ditinggal meninggal oleh ayahnya pada usia 11 tahun. Pada awalnya yaitu pada usia tepatnya 14 tahun cita-cita Andersen pergi ke Kopenhagen adalah menjadi aktor, penyanyi, dan penari juga namun jalan manusia tidak bisa ditebak begitupula jalan hidup Andersen yang mana cita-cita yang diperjuangkan ternyata tidak sesuai dengan harapan. Andersen kemudian menekuni dunia dongeng dengan menulis beberapa dongeng yang akhirnya membawanya sebagai bapak dongeng dunia.

No comments:

Post a Comment