Friday 2 October 2020

Bahan Ajar Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2


Tugas PPG Dalam Jabatan

Nama : Rifqi Khasbullah



KELAS VI
TEMA                        : WIRAUSAHA ( 5 )
SUBTEMA                :  KERJA KERAS BERBUAH KESUKSESAN ( 1 )
PEMBELAJARAN   :  2


Tujuan Pembelajaran

1.   1. Dengan penjelasan guru lewat media powerpoint dan diskusi kelompok , siswa mampu mengkategorikan jenis reklame yang ada di sekitar secara tepat.

2.     2.  Dengan diskusi dan penjelasan melalui power point , siswa mampu memisahkan reklame berdasarkan ciri-cirinya secara tepat.

3.      3. Dengan penjelasan di power point dan tanya jawab , siswa mampu mendiversifikasikan keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara terperinci.

       4.  Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjeniskan berbagai keberagaman  wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara benar.

     Mengenal Jenis-Jenis Reklame

Reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu Re dan Clomos. Re artinya kembali atau berulang sedangkan Clomos artinya berseru. jadi reklame dalam bahasa Spanyol artinya seruan yang berulang-ulang. Secara arti luas reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (barang atau jasa ) kepada konsumen sehingga konsumen ingin memiliki, menggunakan, dan membelinya.

Adapun jenis-jenis reklame sebagai berikut

A. Iklan

Iklan merupakan jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang dan jasa bisa dalam bentuk  visual, audio, dan audio visual selain itu bisa melalui media cetak ataupun elektronik. Melalui cetak biasanya terdapat pada surat kabar, iklan audio bisa kita jumpai dalam radio, dan iklan audio visual contah iklan ditelevisi. 

contoh iklan dalam media cetak sumber gambar : blogpadek.files.wordpress.com/2018/03/iklan-hemat-50-ribu.jpg?w=64

B. Spanduk
Spanduk adalah jenis reklame visual yang dibuat memanjang dan dipasang melintang di atas jalan atau diantara dua tiang biasanya bahannya dari kain atau kertas kertas flexi. contoh perhatikan gambar dibawah ini.
sumber gambar : statik.tempo.co/data/2018/08/01/id_723092/723092_720.jpg

C. Brosur
Brosur adalah reklame yang dibuat pada selembaran kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas. Cara menyampaikannya dengan disebarluaskan secara langsung kepada konsumen supaya dibaca. Biasanya dipinggir jalan selembaran tersebut dibagi kepada pejalan kaki dan juga mengendari kendaraan. 
sumber gambar : melawinews.com/wp-content/uploads/2020/05/Bagi-Brosur.jpg


D. Poster
Poster adalah reklame berupa gambar dengan tulisan pada selembaran kertas dan ditempel pada tempat-tempat umum. 







E. Embalase
Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk dimana berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, dan informasi tentang produk tersebut.






F. Billboard
Billboard adalah bentuk promosi iklan luar ruangan yang memiliki ukuran cukup besar. contoh billboard dibawah ini. 


sumber gambar : akmaladvertising.com/wp-content/uploads/2015/03/jasa-pemasangan-billboard-di-bekasi.jpg

G. Baliho
Baliho merupakan billboard yang kontruksinya sementara. Baliho peyangganya bisa dari kayu ataupun besi namun sifatnya sementara atau semi permanen. Isi Baliho merupakan informasi jangka pendek atau kegiatan yang bersifat insidental.  contoh baliho.

Sumber gambar : harianmomentum.com/images/media/artikel/71d711377fd00c84a2b919590420abf7.jpg

H. Banner
Banner adalah jenis reklame dalam bentuk kotak dimana biasanya dicetak dengan digital print menggunakan MMT dan ditempatkan didepan toko atau instansi dengan menggunakan penyangga agar bisa berdiri.





I. Leaflet
Leflet adalah reklame berupa lembaran kecil yang dilipat-lipat dimana didalamnya berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaian dilakukan ditempat yang mudah diambil, disebarkan, atau diberikan langsung kepada konsumen. contoh leaflet.





J. Kalender
Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang dituangkan dalam media cetak ataupun elektronik. Dizaman sekarang ini kalender juga digunakan untuk media menyampaikan pesan bisa untuk membujuk untuk membeli produk namun bisa juga untuk sekedar informasi. contoh kalender.


















K. Selebaran
Selebaran adalah Lembaran kertas berukuran kecil mengandung pesan tercetak untuk disebarkan kepada umum sebagai informasi mengenai suatu hal atau peristiwa/event tertentu.
Sumber gambar : adhyabloq.files.wordpress.com/2015/08/img_1964.jpg


L. Logo
Logo merupakan reklame berbentuk gambar yang digunakan sebagai simbol atau lambang sebuah produk maupun barang.




Diskusikan dengan kelompok kalian dan isi pertanyaan dibawah ini 


Ayo membaca







Kalian pasti pernah melihat makanan dari luar yang dijual di Indonesia kan ? yang jualan orang Indonesia sendiri, mereka melihat peluang usaha yang kiranya dapat mendapatkan keuntungan sehingga mereka lakukan. pelaku usaha ini disebut wirausahawan. Jadi Wirausahawan adalah orang yang mampu melihat peluang bisnis. Kewirausahawan adalah watak seseorang yang mampu menghadirikan kreatif dan inovasi. Seorang wirausaha memiliki karakter 

 1. Merencakan segala sesuatu
 2. Memiliki sikap kreatif dalam berjualan
 3. Mengenal pelanggan dengan baik.
 4. Serius mengerjakan sesuatu.
 5. Mengelola uang dengan baik.
 6. Mengutamakan pelanggan.
 7. Menciptakan kenyamanan.

Seorang wirausaha yang baik tidak akan mengganggu usaha orang lain, menawarkan bantuan kepada orang lain, tidak menghina pekerjaan orang lain, melakukan persaingan sehat, dan tidak iri terhadap keberhasilan orang lain. 



Sumber gambar : taldebrooklyn.com/wp-content/uploads/2020/06/usaha-Menjual-makanan-rumahan.webp
Sumber gambar : 2.b.p.blogspot.com/-j1CUja2EqoA/WmFGY2b9PYI/AAAAAAAABoo/Q1gMAdI0YUwvdo18Ry9zmsh4FqXlJHWewCLcBGAs/s1600/usaha%2Bternak%2B3.jpg
Sumber gambar: img.okezone.com/content/2020/04/05/340/2194572/corona-membawa-berkah-buat-penjahit-masker-rumahan-dLkDJBCtYW.jpg

Usaha yang dapat dilakukan seorang wirausaha beraneka ragam ada yang dibidang industri, kuliner, jasa, peternakan, dan agraris ( pertanian ).




Semangat Belajar

No comments:

Post a Comment