Saturday 20 January 2018

Negara-Negara di Asia Tenggara

Untuk kali ini akan membahas negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Asia tenggara merupakan kawasan yang merupakan bagian dari Asia. Asia tenggara berbatasannya
Utara = Asia Timur dan Samudra Pasifik
Timur = Samudra Hindia
Selatan = Samudra Pasifik
Barat = Samudra Hindia dan Teluk Benggala


Itulah perbatasaan Asia Tenggara. Asia tenggara sekarang ini terdapat 11 negara dimana 10 negara masuk anggota ASEAN dan 1 negara belum masuk negara ASEAN.

Baca Juga : " Kawasan ASEAN yang Straregis"

1. Malaysia
Negara Malaysia merupakan negara yang wilayahnya terbagi dua karena terpusahkan oleh Laut Cina Selatan yaitu Malaysia Timur yang berbatasan dengan Indonesia tepatnya terletak di Pulau Kalimantan dan Malaysia Barat terletak di Semenajung Malaka yang berbatasan langsung dengan Thailand dan Singapura. Di bagian Malaysia Timur terdapat 2 negara bagian yaitu Serawak dan Sabah sedang bagian barat yaitu Perlak, Selangor, Kelantan, Malaka, Negeri Sembilan, Johor, Penang, Trengganu, dan Pahang. Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk kerajaan. Malaysia sebagai kepala negaranya di pimpin oleh raja yang dipilih dari beberapa kerajaan bagian Malaysia atau wilayah bagian Malaysia kemudian diberi gelar “Yang di Pertuan Agung” yang menjabat dan dipilih setiap 5 tahun sekali.  Kepala pemerintahan Malaysia dipimpin oleh Perdana Menteri.

Mengenai lagu kebangsaan negara Malaysia yaitu Negaraku dan bahasa nasional Malaysia yaitu bahasa Melayu. Ada bangunan yang melambangkan Kemajuan Ekonomi Malaysia yaitu Menara Petronas. Diwilayah Malaysia terdapat gunung tertinggi di negara tersebut yaitu Gunung Kinibalu. Iklan dinegara Malaysia Tropis dengan kelembapan yang tinggi. Negara Malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia. Malaysia sudah mampu memproduksi mobil sendiri yang bernama mobil Proton. Malaysia seperti juga Indonesia mengekspor hasil buminya seperti Kelapa sawit, karet, dan hasil bumi lainnya.

Mata uang negara Malaysia yaitu Ringgit. Agama yang banyak dianut penduduk Malaysia yaitu Islam, Budha, Konghucu, dan Kristen.

2. Singapura
Singapura merupakan negara terkecil di Asia Tenggara. Singapura walaupun terkecil namun negara ini dapat dikatakan menjadi negara makmur ditingkat Asia Tenggara. Negara Singapura dipimpin oleh Presiden dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri. Mata uang negara ini yaitu Dolar Singapura. Negara Singapura merupakan negara yang pelabuhannya sangat ramai karena letaknya yang merupakan pelayaran dunia yaitu Selat Malaka. Lagu kebangsaan negara ini yaitu Majulah Singapura.

Negara Singapura penduduk aslinya yaitu Melayu namun sekarang ini jumlah penduduk asli di Singapura jumlahnya kalah dengan Keturunan Cina yang tinggal di Singapura. Bahasa resmi di Singapura yaitu bahasa Inggris. Singapura dahulunya merupakan bagian dari Negara Malaysia. Singapura ada sebuah patung yang melambangkan menjadi Icon Singapura yaitu Merlion Park yaitu sebuah patung kepala singa berbadan ikan. Merlion Park terletak di Marina Bay.

Berbicara ekonomi Singapura, Singapura sangat ramai sektor perdagangannya selain itu didukung pula dengan sektor jasa dan industri.

3. Indonesia
Indonesia merupakan negara yang berbentuk kepulauan. Jumlah pulau di Indonesia sangatlah banyak yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Indonesia selain tanahnya yang sudah juga lautnya mnjadi tempat tinggal berbagai jenis ikan sehingga menambah pendapatan bagi rakyatnya. Indonesia juga menjadi negara yang menjadi contoh keanekaragaman budaya, agama,kesenia, bahasa, dan suku namun dapat bersatu karena kuatnya toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Indonesia dipimpin oleh Presiden yang mana sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Dalam melaksanakan tugasnya Presiden dibantu wakil presiden dan menteri-menterinya.

Baca Juga : "Benua Asia Benua Terbesar"

Bahasa resmi di Indonesia adalah bahasa Indonesia sedang lagu kebangsaannya adalah Indonesia Raya. Indonesia banyak terdapat sungai, gunung, dan juga danau. Tanah yang subur disebagian besar wilayah Indonesia membuat sebagian besar bekerja sebagai petani. Selain sektor pertanian dan perikanan, Indonesia juga aktif dalam sektor perdagangan, dan Industri terutama tekstil. Indonesia terdapat banyak tempat yang mejadi tujuan wisata baik domestik maupun wisata mancanegara diantaranya Candi Borobudur, Candi Perambanan, Gunung Tangkuban Prau, Pantai Sanur, Raja Ampat, Teluk Bunaken dan masih banyak lainnya. Mata uang Indonesia yaitu Rupiah.

4. Thailand
Negara Thailand merupakan negara yang berbentuk kerajaan. Negara Thailand mendapat julukan tanah merdeka karena belum pernah di jajah. Selain tanah merdeka, Thailand juga mendapat julukan negeri Gajah Putih karena Gajah menjadi hewan yang suci Thailand. Gajah dengan mudah ditemui di Thailand. Gajah dimanfaatkan juga dalam membantu kerja manusia sebagai pengakut kayu. Thailand juga mendapat julukan negari Seribu Pagoda karena banyak pagoda di Thailand.

Di Thailand terdapat sungai yang bernama sungai Chao Phraya yang dikelilingi oleh tanah yang subur. Negara Thailand beribu kota di Bangkok. Thailand sebagai kepala negara di pimpin oleh raja sedang kepala pemerintahan di pimpin oleh perdana menteri. Adapun mata uang Thailand yaitu Bath. Negara Thailand memiliki lagu kebangsaan yaitu Phleng Chat Thai. Bahasa nasional Thailand yaitu bahasa Thai.

Baca Juga: "Terbentuknya PBB"


5. Brunei Darussalam
Brunei Darussalam merupakan negara yang wilayahnya terletak di pulau Kalimantan. Jadi Pulau Kalimantan terdapat 3 negara yang wilayahnya mencakup pulau ini yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Brunei Darussalam merupakan negara berbentuk kesultanan dengan ibu kota bernama Bandar Seri Begawan. Negara Brunei merupakan negara penghasil Minyak yang cukup besar untuk kawasan Asia Tenggara. Brunei penduduk aslinya yaitu bangsa Melayu. Sebagian besar penduduk Brunei beragama Islam. Bahasa nasional yaitu bahasa Melayu. Prekonomian Brunei didukung sektor gas alam dan minyak yang menjadi pendapatan paling utama negara Brunei. Selain itu juga didukung sektor lain seperti pertanian, perikanan, perdagangan, dan industri.

6. Filipina
Negara Filipina seperti Indonesia tersusun atas pulau-pulau. Filipina banyak gunung berapi salah satunya gunung Apo dan Mayon. Gunung Apo merupakan gunung tertinggi di Filipina. Seperti Indonesia, Filipina dipimpin oleh Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Adapun ibu kota Filipina adalah Manila. Filipina menggunakan mata uang Peso.

7. Vietnam
Vietnam merupakan negara dengan ibu kota Hanoi. Mata uang Vietnam yaitu Dong. Vietnam dipimpin oleh kepala negara yaitu presiden dan kepala pemerintahan yaitu perdana menteri. Vietnam jika dilihat di peta wilayahnya berbentuk seperti huruf S. Vietnam pernah mengalami perang saudara yang membuat negara tersebut terbagi dua setelah perang dunia ke 2 namun akhirnya mampu bersatu tidak senasib seperti Korea yang sampai sekarang terbagi menjadi dua negara.Vietnam perekonomiannya sangat di dukung dalam bidang pertanian yaitu hasil buminya seperti beras, kopi, jagung, tebu, dan lainnya.

Baca Juga : " Korea Utara dan Selatan"

8. Myanmar
Negara Myanmar merupakan negara yang sekarang ini menjadi sorotan karena peristiwa pembantaian muslim Rohingya. Myanmar merupakan negara yang dipimpin oleh presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan namun sekarang ini peran militer lebih berpengaruh yaitu Junta Militer. Mayoritas penduduk Myanmar memeluk Agama Budha. Myanmar merupakan  negara agraris karena sebagai besar penduduknya masih mengandalkan sektor pertanian. Sebenarnya selain Pertanian, Myanmar juga didukung sektor lainnya contoh pertambangan. Mata uang negara ini yaitu Kyat.

9. Kamboja
Kamboja merupakan negara yang merdeka dari penjajahan Prancis pada tanggal 9 November 1953. Mata uang negara ini yaitu Real. Kamboja beribu kota di Phnom Penh. Kamboja di pimpin oleh raja sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Hasil pertanian utama di Kamboja yaitu kopi, karet, dan beras. Penduduk kamboja sebagai besar dari suku Khmer. Kamboja bahasa resminya yaitu bahasa Khmer dan Prancis. Kamboja penduduknya mayoritas beragama Budha.

10. Laos
Laos merupakan negara di Asia tenggara yang tidak memiliki pantai. Negara ini di apit oleh 5 negara sehingga disebut The Land Locked Country yaitu terletak ditengah-tengah negara Cina, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Thailand. Laos beribu kota di Vientiene. Mayoritas penduduk Laos beragama Budha. Laos dipimpin oleh presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Lagu kebangsaan Laos yaitu Pheng Xat Lao.

11. Timor Leste
Timor Leste merupakan negara yang dahulunya merupakan bagian dari negara Indonesia. Timor Leste merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Ibu kota Timor Leste adalah Dili. Negara ini dipimpin oleh presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Timor Leste merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang belum masuk organisasi ASEAN.

1 comment: