Thursday 18 January 2018

6 Penggolongan Tumbuhan

Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup. Tumbuhan berbeda dengan hewan dan manusia yang mampu bergerak aktif. Tumbuhan mampu bergerak namun geraknya bersifat pasif hanya bagian-bagian tertentu saja misal tumbuhan putri malu jika daun dipegang akan menguncup daunnya, pada saat bunga mau mekar, dan bunga matahari selalu bunganya menghadap posisi matahari. Makhluk hidup yang mampu merubah karbondioksida atau CO2 menjadi Oksigen atau O2.

Pada artikel sebelumnya sudah membahas tentang penggolongan hewan yang digolongkan menjadi enam bagian kali ini akan membahas tentang 6 penggolongan tumbuhan.

Baca juga: "6 Penggolongan Hewan"

Penggolongan tumbuhan dilakukan untuk mengetahui jenis dan perbedaan tumbuhan satu dengan yang lain. Penggolongan tumbuhan dibagi menjadi berdasakan bunganya, berbasarkan keping bijinya, berdasarkan akarnya, berdasarkan batangnya, berdasarkan daunnya, dan cara berkembang biaknya

1. Penggolongan tumbuhan berdasarkan bunganya
Tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu tumbuhan berbunga dengan tidak berbunga. Tumbuhan berbunga itu sendiri juga dibedakan menjadi dua yaitu berbunga lengkap atau sempurna dengan berbunga tidak lengkap. Bunga dikatakan lengkap jika dalam satu bunga terdapat bagian-bagian bunga seperti benang sari ( kelamin jantan), putik ( kelamin betina), mahkota (perhiasan bunga), kelopak( melindungi bunga saat kuncup), dan tagkai bunga. Sedangkan bunga dikatakan tidak sempurna atau tidak lengkap yaitu bunga hanya memiliki salah satu yaitu benang sari atau putik pada bunga tersebut artinya bunga tidak sempurna dibedakan menjadi tumbuhan jantan dan betina.

Bagian bunga sempurna
Keterangan : 1. kelopak, 2. tangkai bunga, 3. mahkota bunga, 4. serbuk sari atau benang sari, 5. putik, 6. bakal biji.

2. Penggolongan berdasarkan bijinya
Penggolongan yang kedua yaitu berdasarkan bijinya tepatnya keping bijinya dibedakan menjadi dua yaitu
a. Dikotil yaitu berkeping biji dua dalam satu biji contoh mangga, jambu air, jeruk, dan kacang-kacangan.
b. Monokotil yaitu berkeping biji satu contoh padi, jagung, kelapa, dan pisang.

3. Penggolongan berdasarkan akarnya
Berdasarkan akarnya digolongkan menjadi dua yaitu berakar serabut dan berakar tunggang
a. Akar serabut yaitu  akar yang jumlahnya banyak mengelompok dan kecil-kecil. Akar serabut bisa kita jumpai pada tumbuhan monokotil.
b. Akar tunggang yaitu akar yang bersifat menyebar dan salah satu akarnya masuk ke dalam tanah lebih dalam. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan dikotil.

4. Penggolongan berdasarkan batangnya
Tumbuhan digolongkan berdasarkan batangnya menjadi berbatang basah ( bayam, kangkung, dan ketela rambat), batang berkayu ( jati, mahoni, mangga, dan jambu), dan berbatang rumput ( padi, rumput, dan jagung.

Baca juga: "Ciri Khusus Tumbuhan"

5. Penggolongan Berdasarkan bentuk daunnya
Berdasarkan bentuk daunnya dibedakan menjadi empat yaitu berdaun menyirip ( jambu dan mangga), menjari ( pepaya dan singkong), sejajar ( padi dan jagung), dan melengkung ( daun waru dan daun gembili).


6. Penggolongan berdasarkan cara berkembangbiaknya
Tumbuhan berdasarkan cara berkembangbiaknya di bedakan menjadi dua yaitu berkembang biak secara generatif yaitu melalui tahap penyerbukan dan dilanjutkan dengan pembuahan  dan perkembangbiakan vegetatif yaitu tanpa memalui perkawinan contoh dengan tunas, umbi, spora, dan geragih.

Berdasarkan penyerbukannya dibedakan menjadi empat yaitu

1. penyerbukan tunggal yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik yang masih satu bunga.
2. Penyerbukan tetangga yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik yang beda bunga namun dalam satu pohon.
3. penyerbukan silang yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik berbeda pohon namun dalam satu spesies
4. Penyerbukan baster yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putih pada tumbuhan yang berbeda spesies namun dalam satu varietas.


No comments:

Post a Comment