Saturday 27 January 2018

Sejarah Kemunculan Kereta Api

Zaman dahulu sebelum mengenal alat transportasi, manusia bepergian dengan berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain yang pastinya  membutuhkan waktu yang lebih lama. Manusia memiliki otak untuk berpikir dari otak itulah manusia berpikir bagaimana caranya untuk menyingkat waktu perjalanan kemudian manusia mencari ide untuk sampai ketempat lain dalam waktu lebih cepat. 
Sumber gambar: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2016/10/Gambar-Foto-Kereta-Api-Bagus.jpg

Dari hasil pemikiran ini manusia menemukan solusi yaitu dengan mengendarai hewan. Pemikiran manusia ini menimbukan upaya untuk dapat mengendarai hewan dan menjinakan hewan untuk kendaraan. Pada masa tersebut manusia mulai memelihara kuda, gajah, sapi, keledai, dan unta untuk sarana transportasi agar lebih cepat. Kamu bisa melihat film-film yang menceritakan jaman kerajaan dimana bepergian menggunakan kuda atau film arab yang mengendarai unta. 


Seiring bertambahnya kebutuhan membuat manusia ingin waktu perjalanan dengan kuda dan lainnya lebih cepat dan mampu membawa barang lebih banyak. Kebutuhan akan alat transportasi dengan kemampuan membawa barang lebih banyak atau penumpang lebih banyak membuat manusia berpikir keras dan ditemukanlah roda. Roda pertama ditemukan dengan membuatnya dari kayu yang dibuat bundar. Roda ditemukan sekitar tahun 3000 sampai 3500 SM ( Sebelum masehi). Sejarah roda dapat dibuktikan dari peninggalan suku di Irak atau dahulunya Mesopotania. Dari penemuan roda ini menghasilkan alat transportasi kereta yang ditarik hewan. Penemuan roda dan dimanfaatkan sebagai tumpuan berjalannya kereta membuat manusia lebih mudah membawa barang-barang bawaan terutama untuk kegiatan jual beli.

Seiring perkembangan zaman dan manusia semakin banyak kebutuhannya maka pola pikir manusia pun berkembang pesat. Alat transportasi yang tadinya kereta ditarik hewan yang mana masih ada kelemahan yaitu tenaga hewan menarik yang mana pastinya membutuhkan istrirahat dan makanan selain itu juga mengeluarkan kotoran disepanjang jalan dilalui dan manusia juga ingin transportasi lebih cepat dari tenaga hewan hal ini membuat manusia mulai berupaya melakukan eksperimen-eksperimen.

Penemuan mesin uap oleh James Watt membantu perubahan perkembangan transportasi dan mulai digunakan penemuannya sebagai tenaga untuk menggerakan kereta yang dikenal kereta uap yang ditemukan oleh Richard Trevithick. 

Penemuan Richard Trevithick membuat George Stephenson terdorong untuk melakukan penelitian untuk menghasilkan kereta lebih baik dan lebih cepat maka ditemukanlah kereta lokomotif pada tahun 1813. Lokomotif ini berjalan di atas rel kereta. 

Perjalanan kereta api  mulai dibuka oleh negera Inggris pada tahun 1825 pada waktu ini kereta api merupakan sarana utama untuk menampung banyak penumpang dan melakukan perjalanan yang jauh dalam waktu singkat.

Berkembangnya ilmu pengetahuan menghadirkan berbagai sarana transportasi lebih modern dan lebih menyingkat waktu perjalanan yang pastinya mempermudah perjalanan manusia. Kita sekarang ini sudah mengenal kereta listrik mungkin beberapa tahun kemudian kita akan melihat kereta api bertenaga surya atau nuklir. 

3 comments:

  1. Wew.. Komplit ya sejarahnya... Jgn lupa Kunjung Balik ya... Hihi www.effect26.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Wew.. Komplit ya sejarahnya... Jgn lupa Kunjung Balik ya... Hihi www.effect26.blogspot.com

    ReplyDelete