Sunday 21 January 2018

Menentukan Titik Koordinat di Koordinat Cartesius

Sistem koordinat cartesius dibentuk oleh garis mendatar yaitu X ( sumbu X) dan garis vertikal atau tegak yaitu Y ( sumbu Y). Titik perpotongan sumbu X dan sumbu Y disebut titik O atau pusat koordinat.

Baca Juga: "Merubah Satuan Berat"

Didalam penulisan titik koordinat yang perlu diingat yaitu sumbu X didepan sumbu Y misal ( 5,8) maka 5 merupakan angka di garis X atau angka di sumbu X sedang 8 merupakan angka di sumbu Y. kemudian titik pertemuan X dan Y yang disebut titik koordinat. Langsung saja perthatikan dibawah ini
Selanjutnya perhatikan dibawah ini dan tentukan nilai titik koordinat dibawah ini
Perhatikan gambar diatas. Ada beberapa titik koordinat yaitu mulai dari A,B,C,D,E,F,G,H,I,J,dan K. Ayo tentukan nilai dari titik koordinat tersebut.


Titik koordinat A ( 7,2), B( 3,4), C( -2,7), D( -5, 5), E( -7, 1), F( -8,-3), G( -4,-5), H( 1,-6), I( 4,-7),    J ( 6, -4), K ( 7,-2). Perhatikan baik-baik sumbu X selalu ditulis didepan dari sumbu Y. Selanjutnya perhatikan lagi gambar dibawah ini.


titik koordinat K ( 7, 4),L( 4,-3), M( -2,-3), N(-5,4) seperti sebelumnya X selalu di depan sumbu Y.

Selanjutnya perlu diperhatikan ada titik koordinat G dan F yang mana pas terletak di garis. Adapun titik koordinat untuk A( 2,2), B(4, 4), C( -2, 3), D( 3.-3), E( -4, -4), F( 0,-1), dan G( 5,0)

Itulah pembahasan tentang koordinat cartesius semoga bermanfaat dan menambah wawasan.



2 comments:

  1. Halah, ini mah pelajaran saya waktu SMA dulu dan skarang udah lupa. Hahaha

    ReplyDelete
  2. sekarang itu menjadi bagian dari pelajaran SD

    ReplyDelete