Thursday 4 January 2018

6 Macam Penggolongan Hewan

Hewan merupakan bagian dari makhluk hidup. Hewan satu dengan hewan lain yang berbeda jenis mampu dibedakan. Di bumi dihuni 1000 lebih jenis hewan dari ukuran sangat kecil sampai ukuran yang besar. Hewan-hewan tersebut tersebar diseluruh belahan bumi dari yang iklamnya panas sampai yang dingin seperti daerah kutub. Hewan memiliki banyak manfaat bagi manusia contohnya ayam dimanfaatkan manusia untuk diambil telur dan dagingnya sedangkan sapi diambil susu dan dagingnya. Kemudian kerbau dimanfaatkan untuk diambil tenaganya dan juga dagingnya. Dalam artikel ini akan membahas penggolongan hewan berdasarkan 6 macam penggolongan.

Baca juga: "Ciri Khusus Hewan"

1. Berdasarkan tempat tinggalnya

Hewan berdasarkan tempat tinggalnya ada yang hidup di air, darat , dan bahkan ada yang mampu hidup diair dan darat. Hewan yang mampu hidup diair dan darat disebut hewan amfibi contoh ular, katak, dan buaya. Contoh hewan yang hidup diair yaitu ikan sedang yang hidup didarat yaitu ayam, bebek, singa, dan harimau.

Hewan yang hidup di air dibedakan menjadi tiga berdasarkan jenis air yaitu air laut contoh kakap, tongkol, cumi-cumi, dan hewan laut lainnya. Hidup diair tawar contoh lele, arwana,koi, dan mujair. Selanjutnya yang hidup di air payau atau air campuran asin dan tawar di sekitar muara yaitu bandeng, dan udang windu.

2. Berdasarkan jenis makanannya

Hewan berdasarkan jenis makanannya dibedakan menjadi tiga yaitu karnivora, herbivora, dan omnivora. Hewan karnivora yaitu hewan pemakan daging contoh singa, harimau, komodo, dan hiu. Sedang hewan yang termasuk herbivora yaitu hewan pemakan tumbuhan contoh sapi, gajah, jerapah, dan belalang. Sedangkan omnivora yaitu jenis hewan pemakan segala maksudnya memakan daging dan tumbuhan. Contoh hewan omnivora yaitu ayam, bebek, tikus, dan musang.

3. Bedasarkan ciri-ciri tubuhnya

Penggolongan hewan berdasarkan ciri tubuhnya ada yang bertulang belakang dan ada juga yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan yang bertulang belakang contohnya ikan , aves( bangsa burung), reptile, dan juga amfibi. Sedangkan hewan yang tidak memiliki tulang belakang contoh serangga, udang, dan siput.


4. Berdasarkan cara bergeraknya

Hewan berdasarkan cara bergeraknya yaitu
a. berenang contoh berbagai macam jenis ikan.
b. terbang contoh beberapa macam burung
c. berjalan dengan kaki contoh ayam, bebek, singa, kucing, dan kambing.
d. melompat contoh katak, kanguru, dan kelinci.
e. melata dengan tubuh untuk bergerak contohnya ular dan cacing.
f. bergelantungan contohnya kera

Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirZZ2i9iH-30PVWeYgw4lHFtXKZ_3x0X76rmSxaWBdA3sR1eUAqnzuF2DaC4gvPgMDRevZu5_6ydn3Eb2C2APEztG7ZHYUNCciTt-DT-M6x6G54L_3iIiakv4IXU3O2UfadSrVZ-lGEFA/s1600/hewan_vertebrata_hewan_bertulang_belakang.jpg

5. Berdasarkan cara berkembang biaknya

Berdasarkan cara berkembangbiak ada tiga macam yaitu
a. ovipar yaitu dengan bertelur contoh ayam, angsa, dan bebek.
b. vivipar yaitu beranak contoh harimau, kucing, dan kambing
c. ovovivipar contoh ular boa, kadal, dan kepiting.


6. Berdasarkan cara bernapasnya

Berdasarkan cara bernapas ada beberapa macam diantaranya ada dengan paru-paru, pundi udara, trakea, dengan kulitnya, dan juga insang. Contoh hewan dengan paru-paru yaitu tikus, ular, lumba-lumba, hiu, dan paus. Sedang dengan Trakea berbagai macam serangga. Selanjutnya dengan kulitnya contohnya cacing tanah. Dengan pundi udara contoh beberapa jenis burung selain paru-paru juga dibantu pundi udara. Hewan yang bernapas dengan insang contohnya beberapa macam ikan.

2 comments:

  1. Ovoviipar itu apa ya gan? Kok tdk di jelaskan ya

    ReplyDelete
  2. ovovivipar yaitu hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur di dalam tubuh induknya dan nanti keluar dari tubuh induknya berupa anak dan pecahan cangkang2nya.. alias bertelur dan beranak

    ReplyDelete