Saturday 27 January 2018

Sejarah Kemunculan Mobil

Mobil merupakan salah satu alat transportasi darat dengan tenaga mesin. Mobil mampu melaju kencang dan juga mampu membawa penumpang. Tahukan anda bangaimana sejarah dari mobil itu sendiri? 

Mobil di zaman sekarang jumlahnya banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Mobil menjadi transportasi darat yang banyak kita temui di jalan raya selain sepeda motor. Perlombaan balapan mobilpun muncul dan mobil beradu cepat tidak hanya satu jenis balapan mobil ada beberapa jenis balapan dengan tantangan masing-masing seperti di padang pasir, di jalan becek, sampai di sirkuit juga. 


Sejarah mobil tak lepas dari Gottlieb Daimler, Wilhelm Maybach, dan Karl Benz yang berawal akan keinginannya untuk menciptakan alat yang mampu menampung orang dan barang dan melaju dengan cepat. Pada tahun 1883 ditemukanlah mesin dengan bahan bakar bensin yang mendorong tiga orang tersebut melakukan penelitian dan menghasilkan mobil. 

Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3BetCfZdRU0oEP69H7gBliJbdL7szteTrNrJKyvvr5PZxostnM03yZ3Ao2JxrSdh9iChnkvggdiFzQ-7257qL3YFJP5BJdgRkmVtqEtsdPLAoPuH_VZgrMfInaIu911s2WxZaL_KHsWjz/s800/1885Benz.jpg

Mobil rancangan Karl Benz ini awalnya sebuah mesin beroda dengan jumlah roda tiga yang bentuknya mirip dengan becak. Diwaktu berbeda Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach menciptakan mesin beroda empat yang mampu membawa orang dan barang dengan mesin yang bahan bakarnya bensin. 

Perkembangan selanjutnya seorang produsen asal Amerika Serikat mulai memproduksi mobil untuk sarana transportasi yaitu Henry Ford yang menciptakan mobil lebih canggih dari sebelumnya dan memproduksi untuk umum yaitu mobil dengan nama Tin Lizzie. Sambutan yang baik dari pasar membuat Ford memproduksi mobil T atau Tin Lizzie ini banyak dan akhirnya menyebar kebeberapa negara. Melalui perusahannya yaitu Ford Motor Company membuat Ford mendapatkan pendapatan yang banyak dan perusahannya juga semakin maju.

Sumber gambar: https://blog.qad.com/wp-content/uploads/2016/12/Blog_01.05.2017_a.jpg

Di zaman sekarang ini bentuk mobil beraneka ragam dan produsen mobil pun beraneka ragam dengan menawaran keunggulan masing-masing dan juga bahan bakar mobil pun berkembang tidak hanya bensin yang mengandalkan minyak bumi namun juga mulai dikembangkan mobil bertenaga gas, surya dan listrik. 


No comments:

Post a Comment