Wednesday 22 November 2017

Riwayat Umar Bin Khattab

Umar Bin Khattab merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Umar Bin Khattab juga merupakan salah satu Khulafaurrasyidin. Dalam Artikel ini akan membahas tentang Umar sebelum masuk Islam dan sampai menjadi Khulafaurrasyidin.

1. Sebelum Masuk Islam
Umar merupakan pemuda yang pemberani. Sedang kecil sudah diajarkan orang tuanya tentang kemandirian dan pemberani. Umar kecil diberi tugas oleh orang tuannya untuk memelihara unta dan domba. Sebagai orang Quraisy pada umumnya, Umar juga diajak orang tuanya berdagang yang menyebabkan Umar belajar sosialisasi dan juga ilmu berdagang. Umar tumbuh menjadi pemuda yang gagak dan pemberani.

Pada awalnya Umar sangat membenci Nabi Muhammad SAW dan Umar berusaha ingin menjatuhkan Islam dan juga Nabi Muhammad SAW. Kesadaran Umar muncul untuk memeluk islam setelah mendengar bacaan salah satu surat Alquran yang dibacakan Fatimah yang membuat hati Umar berbeda pandangan tentang islam. Umar sebelumnya datang kerumah Fatimah ingin memukul Fatimah dan melarang Fatimah dan suaminya untuk masuk islam namun Umar berubah pikiran setelah meminta Fatimah membacakan salah satu ayat Alquran.

2. Umar Masuk Islam

Umar selanjutnya meminta kepada Fatimah untuk mengasih tahu dimana Muhammad berada. Fatimah mengasih tahu bahwa Nabi Muhammad SAW sedang berada dirumah Arqam Bin Abil Arqam. Umar pun langsung menuju rumah Arqam. Umar mengetuk pintu dan sahabat nabi yang berada didalam merasa khawatir karena mereka tahu Umar merupakan orang yang membenci islam. Nabi Muhammad meminta untuk membukakan pintu setelah dibukakan pintu Umar menyampaikan keinginannya untuk masuk islam dan Umar mengucapkan dua kalimat syahadat. Umar pun masuk islam.

Keislaman Umar membuat kaum Quarisy merasa resah karena Umar merupakan pemuda Quraisy yang pemberani dan juga cerdik. Pada saat Nabi Muhammad SAW dan beserta kaum muslimin Mekah akan hjrah ke Madinah, Umar satu-satunya yang berani mendatangi kaum Quraisy yang berada diserambi Ka'bah, Umar berbicara kepada mereka siapa yang berani melawan Umar, Umar siap meladeninya di dibalik lembah dekat Ka'bah. Umar hijrah dengan terang-terangan dan juga membawa senjata pada umumnya kaum muslimin bersembunyi-sembunyi ikut hijrah ke Kemadinah. Sikap Umar yang patut diteladeni yaitu Pemberani, suka bermusyawarah, bersikap adil, dan sederhana.

3. Umar Menjadi Khalifah
Semeninggalnya Nabi Muhammad SAW, Islam dibawah Khulafaurrasyidin. Khalifah pertama yaitu Abu Bakar. Sebelum Abu Bakar meninggal, Abu Bakar sudah menitipkan pada umat islam bahwa jika Abu Bakar meninggal sebagai penggantinya adalah Umar Bin Khattab. Sepeninggalan Abu Bakar, Umar menjadi penerus Abu Bakar sebagai Khalifah. Umar menjadi Khalifah berjalan lancar tanpa didahului perdebatan karena memang sudah disiapkan oleh Abu Bakar dimana Umar akan menjadi penerusnya. Pada saat menjadi khalifah, Umar mampu memperluas wilayah kekuasaan islam sehingga islam menjadi luas yaitu wilayah islam sampai Damaskus, Persia, Romawi, Mesir, Babilonia, Iskandariyah, Yerusalem, dan juga Syiria.

 Dibidang kesejahteraan rakyat, Umar medirikan Baitul Mal, Depertemen Pajak dan Tanah ( Diwan al Khairi), Depertemen Keuangan, menetapkan anggaran pemerintahan dan pengeluaran negara, membentuk badan pengawasan pasar, dan memcetak mata uang sendiri.

Sedang dibidang pemerintahan, Umar membuat kebijakan tentang gaji pegawai pemerintahan, membangun penjara, membentuk sekretaris setiap departemen, membentuk Departemen Pendidikan, Kehakiman, dan lainnya, menetapkan Kalender Islam ( Hijriyah), dan membagi wilayah islam menjadi beberapa provinsi.

4. Meninggalnya Umar
Umar meninggal karena dibunuh oleh Abu Lu'lu saat Umar sedang meminpin Sholat Subuh di Masjid Madinah. Abu Lu'lu merupakan budak dari Bangsa Persia. Karena  lantaran tusukan dari pedang berbisa milik Abu Lu'lu, Umar sakit dan meninggal pada tanggal 26 Zulhijah 23 Hijriyah pada usia 63 tahun.

Julukan yang pernah didapat Umar antara lain Singa Padang Pasir( Keberanian Umar dan kemenangan Umar setiap lomba seperti lomba pacuan kuda dan lomba lainnya julukan ini didapat Umar sebelum masuk islam) dan Al Faruq ( orang yang menegakkan hak dan membasmi kemungkaran didapat setelah masuk islam).

Sumber bacaan:
Siroj, Zaenuri. 2011. Mengikuti Jejak  Rasulullah: PT Albama.

No comments:

Post a Comment