Friday 2 October 2020

Bahan Ajar Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat magnet secara tepat.

2.   Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet secara benar.

3.  Dengan membaca petunjuk dan contoh teks, siswa mampu mengidentifikasi komponen,  tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari secara benar.

4.   Dengan membaca petunjuk dan contoh teks, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari secara rinci.

5.   Melalui lagu nasional, siswa dapat membangun jiwa nasionalisme dalam dirinya.

6.   Melalui praktek tentang sifat magnet, siswa dapat mengoprasikan magnet sesuai dengan sifatnya.

Pemanfaatan Magnet

Tahukah Anda bahwa dalam kehidupan sehari-hari banyak orang memanfaatkan magnet ? salah satunya dari dinamo sepeda ataupun dinamo mesin, kompas, alat pengangkat besi, bel, dan pengeras suara. Alat -alat yang disebutkan menggunakan magnet didalamnya. 

Sumber gambar: imgs.inkfrog.com/pix/afirdie/BI_retro30_front.png


Sumber gambar: maslatip.com/wp-content/uploads/2015/01/Manfaat-Elektromagnet.jpg

Sumber gambar : asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/780x800/photo/bobofoto/original/8043_kompas-foto-httpwwwacts-syracuseorg.jpg

Sumber gambar : jakartanotebook.com/upload/images/Magnetic%20Door%20Screen%201.jpg

Masih banyak penggunaan magnet dikehidupan sehari-hari seperti pintu kulkas, magnet dibelakang pintu agar tidak terjadi benturan keras, dan juga digunakan dalam permainan catur. Tidak hanya itu  cindera mata berupa gambar menarik yang dilapisi magnet yang biasa ditaruh di kulkas juga ada.


Sumber gambar : asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2018/07/11/1496539580.png

Magnet dapat menarik benda-benda dari logam. 

Sifat-sifat magnet

1. Magnet dapat menarik benda tertentu dalam jangkaunya.
2. Gaya magnet dapat menembus benda misal benda terhalang kaca ataupun kertas.
3. Apabila kutub sejenis didekatkan akan tolak menolak dan sebaliknya jika kutub berlainan jenis didekatkan akan tarik menarik. 
4. Semakin dekat benda dengan magnet maka medan magnetnya makin kuat.
5. Sifat kemagnetan benda dapat dihilangkan atau melemah.


Isilah pertanyaan dibawah ini
1.Apa yang akan terjadi magnet didekatkan dengan besi ?
2. pensil, sendok besi, dan buku dari benda-benda tersebut yang dapat ditarik magnet adalah ....
3. Apa yang akan terjadi jika kutub magnet sama didekatkan ?
4. Apa yang terjadi jika kutub magnet berbeda didekatkan  ?

Mengisi Formulir

Sebelum formulir diisi langkah pertama yang harus diperhatikan yaitu memahami isi formulir dan memperhatikan bagian-bagiannya baru mengisi. Biasanya formulir menuangkan isian tentang identitas diri seseorang dari nama, tempat tanggal lahir, agama, alamat, dan sebagainya. selain isian identitas formulir juga biasanya ada isian yang bersangkutan langsung dengan formulir misal pendaftaran, atau membayaran, atau lain sebagainya. Dalam mengisi formulir ada yang diketik ada juga yang tulis tangan.  Dizaman sekarang ini banyak formulir yang pengisiannya langsung lewat online misal lewat google form. Contoh formulir sederhana.

Sumber gambar : 1.b.p.blogspot.com/-AJoYlh33D0s/T5EwkOcLrhI/AAAAAAAAA04/KyCJFH2bQFQ/s1600/Formulir-PENDAFTARAN.jpg

Bagian formulir terdiri atas
 
1. Bagian kepala berisi identitas lembaga dari nama lembaga, no telpon, dan juga alamat lembaga.
2. Bagian tubuh berisi didentitas yang mengisi formulir dan isiannya lainnya terkait formulir.
3. Bagian ekor berisi tanggal formulir diisi, tanda tangan yang mengisi formulir dan juga nama terang yang tanda tangan. 

Coba isilah pertanyaan berikut 
1. Mengapa dalam formulir kita harus menuliskan nama lengkap kita ?
2. Mengapa dalam beberapa formulir mencantumkan kolom alamat ?
3. mengapa dalam formulir lembarkan diakhir formulir kita harus menandatanganinya ?
4. Apa tujuan pembuatan formulir pendaftaran ?






No comments:

Post a Comment