Sunday 18 March 2018

Sifat dan Sumber Cahaya

Cahaya membuat kita bisa melihat dari melihat itu kita tidak akan menabrak saat jalan asalkan jangan ngelamun. Cahaya dibutuhkan manusia terutama sebagai penerangan. Kalian pasti pernah merasakan saat pemadaman listrik pada malam hari kan? Saat pemadaman listrik malam terasa gelap hingga kita tidak bisa melihat segala benda yang ada didepan kita. Terkadanh kita menabrak sesuatu. Adanya cahaya sangatlah membantu sehingga kita bisa melihat segala sesuatu yang ada didepan, belakang, ataupun samping kita. Cahaya memiliki sifat. Dalam Kesempatan kali ini akan membahas Sifat Cahaya dan juga Sumber Cahaya.

Sumber gambar: 2.bp.blogspot.com/--HYwbYTEv-k/WO-uPrZIWYI/AAAAAAAAATU/A8S2lQImxm4bX1beF0_Qp5C5JkMRSJVYQCLcB/w1200-h630-p-k-no-nu/pelangi.jpg

1. Sifat Cahaya
Cahaya memiliki beberapa sifat diantaranya:

  • Cahaya menembus benda bening
Sifat pertama dari cahaya yaitu mampu menembus benda bening. Kaca dan plastik yang bening dapat ditembus oleh cahaya bukti dari sifat ini kita bisa melihat benda dibalik plastik mika atau plastik kresek yang bening. Tidak hanya plastik namun juga kaca yang bening. Kalian bisa melihat air didalam gelas yang mana gelas tersebut terbentuk dari kaca yang bening. Benda yang bening dapat ditembus cahaya sedangkan benda yang tidak bening atau benda gelap akan menghasilkan bayangan.


  • Cahaya merambat lurus
Sifat cahaya kedua yaitu cahaya merambat lurus. Cahaya merambat lurus bisa kita buktikan dari lampu senter. Jika gelap kita bisa menggunakan lampu senter dan perhatikan cahaya yang keluar akan lurus itulah bukti bahwa cahaya merambat lurus. Selain lampu senter kita bisa juga membuktikan lampu pada motor ataupun mobil dimana jika lampu dinyalakan kita bisa melihat keadaan didepan kita. Sifat cahaya yang merambat lurus inilah sangat bermanfaat terutama saat malam dimana gelap dengan senter kita bisa melihat keadaan disekeliling kita tinggal kita mengarahkan lampu senter tersebut.


  • Cahaya dapat dipantulkan
Cahaya dapat dipantulkan, sifat cahaya ini kita bisa melihat keadaan sekeliling kita karena adanya pemantulan cahaya. Permukaan benda akan berpengaruh terhadap hasil pemantulan ini. Permukaan yang halus akan menghasilkan pemantulan yang sempurna namun jika permukaan yang kasar akan menghasilkan pemantulan yang tidak sempurna. Pernah memantulkan bola basket kelantai? ibarat bola basket itu adalah cahaya. Bola basket dipantukan dilantai yang halus dan rata maka akan menghasilkan pemantulan yang sempurna dimana bola tersebut bisa kembali kearah kita atau bisa kita prediksi hasil pemantulannya namun berbeda jika permukaan dinding atau tanah ataupun batuan yang tidak rata maka akan menghasilkan pemantulan yang tidak sesuai prediksi sehingga terkadang kita tidak bisa menangkap kembali bola tersebut. Begitu juga cahaya, jika cahaya dipantukan terhadap cermin dimana cermin itu rata kita bisa melihat gambar kita dicermin.

Baca juga : "Gaya dan Manfaatnya"

  • Cahaya dapat dibiaskan 
Contoh dari pembiasan cahaya yaitu cahaya yang mengenai air. Jika kita memasukan pensil diair yang jernih kita akan melihat seolah-olah pensil itu tidak lurus hal ini merupakan contoh dari pembiasan cahaya. Selain itu jika kita pergi kekolam renang yang mana airnya jernih, kita akan melihat kolam yang dalam seolah-olah tidak dalam melainkan dangkal. Itulah contoh pembiasan cahaya yang terkadang dapat menipu mata seseorang.

Baca juga: "Energi dan Manfaatnya"


  • Cahaya dapat di urai
Pernahkan kita melihat pelangi? pelangi merupakan hasil dari penguraian cahaya. Cahaya yang terjadi saat peristiwa pelangi diuraikan menjadi beberapa warna diantaranya merah,jingga,kuning,hijau,biru,nila,dan ungu. Warna-warna pelangi merupakan hasil dari penguraian warna cahaya.

2. Sumber cahaya
Sumber cahaya berdasarkan asalnya dibedakan menjadi dua yaitu alami dan buatan.


  • Sumber cahaya alami contoh sumber cahaya dari matahari, kunang-kunang, api, bintang, dan beberapa jenis ikan yang mengeluarkan cahaya.


  • Sumber cahaya buatan yaitu sumber cahaya yang dibuat oleh manusia contohnya lampu senter, lampu motor, lilin, lampu listrik, dan lampu minyak.

Itulah pembahasan tentang sifat dan sumber cahaya. semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

1 comment:

  1. Wah lengkap sekali materi tentang Cahaya ini ya gan, semoga bisa menambah pengetahuan anak-anak kita mengenai pelajaran IPA pada khusunya. salam kenal.

    ReplyDelete