Sunday 18 March 2018

Mengenal Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Darah selalu ada dalam tubuh manusia. Darah menjadi bagian penting dalam tubuh manusia. Kekurangan darah akan membuat tubuh lemas dan bahkan menyebabkan meninggal. Darah dalam tubuh manusia beredar dimana mulai dari jantung darah dipompa seluruh bagian tubuh manusia. Jantung merupakan organ utama yang mengendalikan peredaran darah. Jantung memIliki empat bagian penting yaitu bilik kiri, bilik kanan, serambi kiri, dan serambi kanan. Darah akan masuk dan mengalir dari jantung kembali ke jantung kembali dimana dimulai dari bilik kembali melalui serambi. Peredaran darah pada manusia dibedakan menjadi dua yaitu

Sumber gambar: rifkipgsduad.files.wordpress.com/2012/12/preview_html_m73445fbb.png?w=640


1. Peredaran darah besar

Peredaran darah besar merupakan peredaran darah dimana dimulai dari jantung yaitu bagian bilik kiri kesuluruh tubuh dan kembali kejantung melalui serambi kanan. Pada peredaran darah besar, darah akan dialirkan seseluruh tubuh dari kepala sampai kekaki. Sehingga jika kita terluka yang menyebabkan kulit terkelupas akan mengeluarkan darah. Pada peredaran darah besar ada dua saluran yang harus dilalui yaitu aorta dan vena.

2. Peredaran darah kecil

Peredaran darah kecil yaitu dimulai dari bilik kanan kemudian ke paru-paru dan kembali kejantung melalui serambi kiri. Peredaran darah kecil akan membawa banyak oksigen dimana setelah melewati paru-paru akan dirubah menjadi membawa karbondioksida. Pada peredaran darah kecil akan melalui dua saluran yaitu arteri pulmonalis dan vena pulmonolis.

Baca juga: "Simbiosis dan Contohnya"


Itulah tentang peredaran darah,. Peredaran darah ada yang membawa banyak oksigen dan ada yang membawa banyak karbondioksida. Peredaran darah yang menuju ke paru-paru akan membawa banyak oksigen dan setelah dari paru-paru akan membawa banyak karbondioksida.

Baca juga: " Belajar Rantai Makanan"

Peredaran darah yang mengandung oksigen yaitu dari sebelum menuju paru-paru yaitu serambi kanan-bilik kanan kemudian paru-paru. Sedang yang mengandung karbondioksida yaitu setelah dari paru-paru yaitu paru-paru kemudian keserambi kiri kemudian bilik kiri.

Peredaran darah manusia akan terus berjalan selama manusia itu hidup. Peredaran darah besar dan kecil merupakan serangkaian pergerakan darah dimana darah mengalir keseluruh tubuh manusia. Jantung haruslah dijaga sehingga peredaran darah akan lancar salah satu menjaga kesehatan jantung adalah dengan olahraga secara teratur.

Itulah tentang peredaran darah semoga bermanfaat.


1 comment:

  1. judi bola dengan presentase kemenangan tertinggi
    harus sering berolahraga agar darah lancar dan sehat

    ReplyDelete