Monday 10 April 2017

Pertempuran Surabaya ( Hari Pahlawan )

Melihat film "Sang Kyai" dimana sekilas menceritakan pertempuran Surabaya dimana santri-santri membentuk laskar yang bernama hizbullah kemudian hijrah ke surabaya dan bergabung dengan laskar-laskar lainnya  membantu melawan Inggris.

Kali ini saya ingin menceritakan tentang pertempuran Surabaya. setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 maka sejak itu Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Setelah merdeka ternyata bangsa Indonesia menemui tantangan baru yaitu mengusir Inggris atau sekutu  yang berkeinginan mengembalikan Indonesia ke pihak Belanda. Inggris dan Belanda merupakan salah satu negara yang menang dalam perang dunia II sedangkan Jepang merupakan negara yang kalah dalam perang dunia II. Rakyat indonesia sadar bahwa sebentar lagi Belanda dan sekutu akan datang ke Indonesia untuk membebaskan tahanan perang Jepang dan melucuti senjata Jepang serta memulangkan Jepang kenegaranya. Sebelum itu terjadi Rakyat Indonesia melucuti terlebih dahulu persenjataan Jepang sebagai jaga-jaga jika sekutu datang dan untuk menjaga kedaulatan Indonesia yang baru merdeka.

Insiden pertempuran Surabaya dimulai dari Inggris mendarat di Surabaya tanggal 25 Oktober 1945 yang ternyata bersama Belanda atas nama NICA. Belanda mengibarkan bendera Belanda di hotel Yamato kejadian ini melahirkan insiden yang menyulut berkobarnya bentrokan senjata antara rakyat Indonesia dengan tentara Sekutu dalam hal ini Inggris dan Belanda. Bentrok tentara Inggris dengan rakyat surabaya bersama laskar-laskar pemuda yang bersatu ingin mengusir Inggris berlanjut mengakibatkan terbunuhnya Jenderal Inggris yang bernama Mallaby di Jembatan Merah .
Setelah Mallaby terbunuh, pimpinan tentara inggris diganti oleh Mansergh. Mansergh mengeluarkan ultimatum yang isinya rakyat Surabaya yang mempunyai senjata untuk menyerahkan senjatanya dengan batas waktu jam 6 pagi tanggal 10 November 1945.

Mendapat ultimatum seperti itu bukan membuat rakyat takut malahan membuat rakyat Surabaya semakin semangat ingin mengusir Inggris di Surabaya ditambah dengan orasi penyemangat Bung Tomo yang berapi-api menyeruhkan jangan menyerahkan senjata kepada inggris dan bersama melawan inggris membuat rakyat surabaya dan  laskar-laskar rakyat dari Surabaya dan sekitarnya bersatu untuk melawan Inggris.

Pada pagi hari tanggal 10 November 1945 Inggris mulai melancarkan serangan dengan pesawat terbang, tank,dan kendaraan lapis baja namun rakyat surabaya dan laskar-laskar perjuangan dari berbagai tempat sekitar surabaya melawannya sehingga terjadi pertempuran sengit. banyak korban nyawa berjatuhan karena gugur di pertempuran.prediksi Inggris pertempuran ini akan berlangsung paling lama 3 hari ternyata sampai sebulan. Dengan kejadian tersebut tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

sangat besar jasa pahlawan, meraka mengorbankan nyawa dan hartanya untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka yang berdaulat. Kita sebagai generasi penurus bangsa harus bisa menjaga keutuhan negara jangan sampai terpecah belah dan runtuh  hilang kenangan. 

No comments:

Post a Comment